Puskesmas Wania Target 2.300 Anak Dapat Vitamin A

VITAMIN A | Kepala Puskesmas Wania, drg. Marliana Tarukponno didampingi pihak Dinkes saat memberikan Vitamin A kepada anak, Kamis (4/2/2021). (Foto: Kristin Rejang/SP)
VITAMIN A | Kepala Puskesmas Wania, drg. Marliana Tarukponno didampingi pihak Dinkes saat memberikan Vitamin A kepada anak, Kamis (4/2/2021). (Foto: Kristin Rejang/SP)

TIMIKA | Februari merupakan bulan pencanangan Kapsul Vitamin A yang diberikan kepada anak berusia 6 sampai 59 bulan.

Pencanangan Kapsul Vitamin dengan tema “Mataku Sehat Tubuhku Kuat karena Vitamin A” ini juga dilaskanakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Papua melalui Puskesmas – Puskesmas di Kota Timika dan sekitarnya.

Salah satunya adalah Puskesmas Wania, Distrik Wania. Dimana pihak Puskesmas mulai melakukan pemberian Vitamin A sejak tanggal 1 Februari 2021 melalui kegiatan Posyandu – Posyandu di wilayah pelayanannya.

Selain itu, jika ada anak tidak sempat dibawa ke Posyandu, para orang tua juga bisa langsung mendatangi Puskesmas Wania agar anak bisa diberikan Vitamin A.

“Tahun ini sasarannya 2.300 anak. Jadi kita targetnya itu minimal 80 persen karena bila tidak turun ke Posyandu kemudian tidak datang ke Puskesmas bisa kita turun ke sekolah kemudian kita datangi langsung ke rumah-rumah,” kata Kepala Puskesmas Wania, drg. Marliana Tarukponno, kepada Seputarpapua.com, Kamis (4/2/2021).

Dijelaskan pemberian Vitamin A ini akan dilakukan sampai akhir Bulan Februari.

Untuk itu, dirinya mengimbau agar para orang tua bisa mebawa anaknya ke Posyandu atau ke Puskesmas agar anaknya bisa mendapatkan Vitamin A dengan gratis.

“Vitamin A sangat penting untuk anak-anak terutama balita, karena berfungsi untuk mencegah kebutaan kemudian bisa juga meningkatkan daya tahan tubuh agar anak tidak gampang terkena virus atau infeksi seperti infeksi saluran pernafasan bagian atas, campak dan juga diare. Jadi bapak ibu yang mempunyai balita umur 6 sampai 59 bulan segera bawa ke posyandu untuk diberikan vitamin A,” himbaunya.

 

Reporter: Kristin Rejang
Editor: Misba

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan