Rakerda LPTQ Provinsi Papua, Pj Gub Papua: Kalau Bisa MTQ Dilaksanakan di Seluruh Tanah Papua

Pj Gubernur Papua, Ridwan Rumasukun (kiri) bersama Ketua LPTQ Provinsi Papua, H. Setyo Wahyudi (kanan) saat ditemui usai membuka Rakerda LPTQ Provinsi Papua yang digelar di Hotel Horison Ultima, Mimika, Papua Tengah, Senin (24/6/2024). (Foto: Fachruddin Aji/Seputarpapua)
Pj Gubernur Papua, Ridwan Rumasukun (kiri) bersama Ketua LPTQ Provinsi Papua, H. Setyo Wahyudi (kanan) saat ditemui usai membuka Rakerda LPTQ Provinsi Papua yang digelar di Hotel Horison Ultima, Mimika, Papua Tengah, Senin (24/6/2024). (Foto: Fachruddin Aji/Seputarpapua)

TIMIKA, Seputarpapua.com | Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi Papua, Ridwan Rumasukun menyampaikan usulan agar kegiatan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) bisa digelar di seluruh tanah Papua.

Ridwan ditemui wartawan usai mengikuti pembukaan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Provinsi Papua yang digelar di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, Senin (24/6/2024).

Dalam pembukaan rakerda, Ridwan menyampaikan arahannya menyampaikan bahwa setelah berbincang dengan para gubernur dari provinsi-provinsi di tanah Papua, ia mengusulkan agar MTQ bisa diselenggarakan di seluruh tanah Papua dalam rangka meningkatkan syiar agama.

“Jadi Papua dan Papua Barat juga masuk (calon tuan rumah,red) dalam rangka meningkatkan syiar agama,” ujarnya.

Bahkan kata dia tidak hanya MTQ, ia bersama para gubernur lainnya juga menginginkan agar kegiatan serupa dari agama lainnya seperti Kristen, Katolik, Hindu maupun Budha bisa digelar di seluruh tanah Papua.

“Tidak hanya MTQ, tetapi juga kegiatan Pesparawi, Pesparani, Hindu dan Budha, sehingga gaungnya meluas, dan itu untuk mempererat kepapua-an kita. Jadi Papua tetap satu, meskipun provinsinya berbeda-beda. Tapi untuk kegiatan agama dan toleransi itu, harus dibungkus dalam satu kegiatan,” terangnya.

Ridwan menyebut para Pj Gubernur berharap disetiap kegiatan serupa dari agama apapun di tingkat provinsi maupun nasional, terdapat peserta anak asli Papua dari daerah setempat yang mengikuti kegiatan.

“Soal menang dan kalah itu belakangan, tetapi bisa hadir. Bagaimana bisa terjadi dalam rakerda hari ini, itu dibahas untuk menyiapkan strategi itu,” tandasnya.

Sementara Ketua LPTQ Provinsi Papua, H. Setyo Wahyudi dalam kesempatan yang sama mengungkapkan apa yang disampaikan Pj Gubernur Papua merupakan sebuah perintah. Pihaknya akan menyusun serta membicarakan hal yang dimaksud dalam rakerda yang dilaksanakan.

“Maka nanti dalam rapat akan didiskusikan bersama. Harapannya, Papua yang satu ini tetap kita pertahankan dengan berbagai macam kegiatan yang ujungnya adalah kita tetap satu, kita silahturahmi. Sehingga ketika dibawa ke nasional, tetap mewakili masing-masing provinsi, tetapi kegiatan di provinsi tetap satu,” katanya.

“Ini yang akan kita bahas dalam rakerda, rumusan-rumusan serta teknis pelaksanaanya, termasuk di dalamnya pembinaan di tingkat bawah,” pungkasnya.

penulis : Fachruddin Aji
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan