Ratusan Lampion Semarakan Tahun Baru Imlek di Timika

Petugas yang dipercayakan oleh HPKT saat sedang memasang lampion imlek di Bundaran Timika Indah, Sabtu (21/1/2023) sore. (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)
Petugas yang dipercayakan oleh HPKT saat sedang memasang lampion imlek di Bundaran Timika Indah, Sabtu (21/1/2023) sore. (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)

TIMIKA | Ratusan lampu lampion dipasang di kota Timika menambah semarak perayaan Tahun Baru Imlek 2574, Minggu (22/1/2023).

Pantauan Seputarpapua.com, Sabtu (21/1/2023) sore tadi, tampak petugas Dinas Perhubungan ikut membatu menjaga jalur lalu lintas di Bundaran Timika Indah saat pemasangan lampu lampion.

Ratusan lampu lampionĀ  dipasang tidak hanya di Bundaran Timika Indah, namun di sisi kanan dan kiri badan jalan juga dipasang lampion, sehingga malam hari akan terlihat keindahan lampu lampion tersebut.

Ketua Himpunan Peduli Kasih Tionghoa (HPKT) Rusli Gunawan menjelaskan ada tiga bundaran yang dipasang lampion, namun lampion terbanyak dipasang di Bundaran Timika Indah.

“Memang di tiga bundaran, namun juga kita fokus di bundaran Timika Indah karena memang di situ kan tanggal 5 kita adakan puncak perayaan di gedung Eme Neme jadi lampion kurang lebih ada 200 buah yang kita pasang di situ,” jelasnya kepada Seputarpapua.com, Sabtu (21/1/2023).

Dikatakan, tahun ini terlihat lebih semarak meskipun pemasangan lampion agak terlambat mengingat besok merupakan perayaan Imlek.

“Kalau kira lihat secara nasional kan imlek jatuh pada Minggu 2022. Ada lima belas hari cap go meh. Itu kegiatan Imlek masih dinyatakan perayaan kita dan berakhir tanggal 5 Februari 2023,” jelasnya.

Tahun ini terlihat suasana berbeda karena selama empat tahun karena situasi Covid, warga Tionghoa di Mimika hanya bisa merayakan secara sederhana.

“Kita bersyukur di tahun ini kami merayakan menutupi empat tahun yang kami tidak rayakan dengan meriah,” pungkasnya

Tanggapi Berita ini
reporter : Kristin Rejang

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.