Ratusan Pemuda Advent Se-Timika Ikut Pra Perkemahan Pathfinder

UPACARA | Upacara bendera pada pembukaan perkemahan pra camporee di Timika. (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)
UPACARA | Upacara bendera pada pembukaan perkemahan pra camporee di Timika. (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)

TIMIKA | Sebanyak 275 pemuda Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh (GMAHK) se-Kabupaten Mimika yang tergabung dalam organisasi Pathfinfer mengikuti perkemahan bertajuk Pra Camporee.

275 pemuda ini terdiri dari enam kelas Pathfinder yakni Sahabat, Teman, Penyelidik, Perintis, Penjelajah, dan Pemimpin.

Pathfinder adalah organisasi di seluruh dunia orang muda disponsori oleh Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh.

Perkemahan Pra Camporee wilayah Timika tahun 2022 ini diselenggarakan di halaman Gereja Advent Jemaat Bhintuka SP13 mulai tanggal 16-19 Juni 2022.

Dimana dalam perkemahan ini banyak kepahaman yang akan diikuti oleh para peserta yang intinya adalah membantu orang lain dalam masyarakat, pelatihan kepemimpinan dan yang paling penting, belajar dan berbagi tentang Kristus yang peduli.

Para pemuda ini mengikuti Pra Perkemahan sebagai persiapan Perkemahan Camporee se-daerah Misi Papua pada tanggal 5-10 Juli mendatang yang akan digelar di Jayapura.

Direktur Pemuda Daerah Misi Papua, Master Guide pdt. John L. Umbora menjelaskan Pathfinder sendiri dicetuskan oleh Luther Warren dan Harry Fenner yang dibentuk pada tanggal 18 September 1950 dan tahun 2022 ini berusia 72 tahun.

“Kami lihat bahwa ada koordinasi yang baik dari pemerintah dengan pihak gereja itu sebabnya kegiatan ini bisa diakomodir dan dibuka tadi oleh perwakilan Bupati Kabupaten Mimika,” kata John ketika diwawancarai, Kamis (16/6/2022).

John menjelaskan, tujuannya adalah mempersiapkan anak-anak di tingkat usia 10-17 tahun yang dalam Gereja Advent atau disebut dengan nama kepanduan advent atau club Pathfinder.

“Ini adalah sebuah club internasioanal yang dikelola dari gereja kemudian di tingkat klasis atau di Kabupaten kemudian di tingkat provinsi atau daerah, kemudian se Indonesia,” jelasnya.

Ia berharap program-program Pathfinfer sangat baik dilaksanakan di setiap lingkungan gereja Advent sebab saat ini banyak pemuda yang yang terkadang menyimpang dari norma-norma kehidupan yang baik.

“Kita hadir dengan club ini untuk membekali, membentengi mereka. Kami berharap lewat kegiatan ini ada konsolidasi yang dibuat di club-club Pathfinfer di tingkat Kabupaten yang akan hadir di tingkat Provinsi pada juli mendatang di Jayapura,” katanya.

Dalam acara pembukaan perkemahan Pra Camporee tersebut juga dihadiri oleh Staf Ahli Bupati Kabupaten Mimika, Septinus Timang.

Septinus saat membacakan sambutan bupati mengatakan dengan zaman sekarang ini tantangan semakin banyak sehingga perlu dilakukan pendidikan karakter sebagai fondasi menghadapi tantangan zaman.

“Melalui kegiatan perkemahan ini kita berharap agar kualitas spiritual pemuda gereja semakin meningkat dan akan bermuara juga pada kemajuan daerah,” katanya.

Ia berpesab agar para Pemuda Advent bisa menjadi generasi yang berkualitas, berakhlak baik, kreatif dan inovatif menguasai pengetahuan dan teknologi serta menjadi pelopor terciptanya keamanan dalam masyarakat dan peduli akan kehidupan bermasyarakat.

“Atas nama pemkab Mimika saya mengapresiasi. Kegiatan seperti ini merupakan wadah untuk membentuk karakter generasi muda menghadapi tantangan zaman serta dapat menjadi sarana yang baik untuk mempererat ikatan persaudaraan, memperkaya pengalaman dan ajang belajar serta bertukar informasi dan kedepannya pemuda gereja akan menjadi garda terdepan dalam pembentukan karakter generasi muda yang berakhlak baik untuk menjadi calon pemimpin masa depan serta ikut berperan aktif membantu pemerintah dalam pelayanan kepada masyarakat,” pungkasnya.

reporter : Kristin Rejang
editor : Batt

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.