seputarpapua.com

Ratusan Warga Timika Bikin e-KTP di “Pohon Jomblo”

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
CETAK | Masyarakat berkumpul di area Pohon Jomblo melakukan pencetakan dokumen kependudukan. (Foto: Anya Fatma/SeputarPapua)
CETAK | Masyarakat berkumpul di area Pohon Jomblo melakukan pencetakan dokumen kependudukan. (Foto: Anya Fatma/SeputarPapua)

TIMIKA | Ratusan warga Kota Timika, ibu kota Kabupaten Mimika, Papua, Sabtu (13/3/2021) ramai-ramai mengurus dokumen kependudukan.

Kali ini pengurusan dokumen kependudukan tersebut bukan dilakukan di kantor, tetapi di area Pohon Jomblo, Jalan Irigasi Ujung.

Area ini merupakan jalan lingkar luar menuju Brigif 20/IJK yang sudah diaspal, namun belum banyak dilalui kendaraan karena jalannya masih dalam pengerjaan sehingga dijadikan tempat olahraga baik pagi maupun sore hari.

Di salah satu ruasnya, berdiri satu pohon yang tingginya sekitar 15-20 meter. Uniknya, tidak ada pohon lain selain pohon tersebut sehingga warga menamakan pohon tersebut Pohon Jomblo.

Pengurusan dokumen kependudukan di area ini merupakan inisiatif Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Mimika untuk lebih mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

Kepala Disdukcapil, Slamet Sutejo menjelaskan, ini merupakan pertama kali dilakukan jemput bola (jempol) Adminduk di tahun 2021 dengan memilih tempat di ruang terbuka.

“Lebih dari 100an orang yang mengurus dokumen kependudukan tadi,” katanya saat diwawancara di sela-sela kegiatan.

Tempat ini sendiri merupakan salah satu tempat warga kota untuk berkumpul sekedar berolahraga dan berswafoto.

Awalnya, Disdukcapil hanya menargetkan 50 orang untuk dicetak dokumen administrasi penduduknya, ini agar bisaa lebih mudah mengatur penerapan protokol kesehatan.

Berita Terkait
Baca Juga