Remaja Mimika Diingatkan Menjaga Diri, Narkoba Membahayakan Kesehatan Reproduksi

Bupati Kabupaten Mimika, Eltinus Omaleng, Ketua GOW Kabupaten Mimika, Pere Omaleng, dan Kepala BNN Kompol Mursaling berfoto bersama dengan tiga remaja yang ikut sosialisasi. (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)
Bupati Kabupaten Mimika, Eltinus Omaleng, Ketua GOW Kabupaten Mimika, Pere Omaleng, dan Kepala BNN Kompol Mursaling berfoto bersama dengan tiga remaja yang ikut sosialisasi. (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)

TIMIKA | Puluhan remaja di Timika yang terdiri dari pemuda-pemudi Gereja dan Masjid mengikuti sosialisasi bahaya narkoba kesehatan reproduksi remaja dan kekerasan terhadap anak.

Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Grand Mozza Timika, Rabu (25/5/2022) ini diselenggarakan oleh Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Mimika bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Mimika.

Ketua GOW Kabupaten Mimika, Pere Omaleng mengatakan GOW merupakan organisasi yang menggalang memperjuangkan kesetaraan gender di segala bidang kehidupan berorganisasi dan bermasyarakat.

“Atas dasar ini GOW merasa terpanggil bersama pemerintah untuk membangun manusia, terutama masa depan anak yang jadi harapan bangsa sehingga kami mengadakan kegiatan ini,” katanya Pere dalam sambutannya.

Menurutnya penting jika sejak dini para remaja diberikan pemahaman agar lebih berhati-hati dalam pergaulan sehingga kedepan bisa menentukan langkah dan sikap pergaulan dan menghuni resiko-resiko yang bisa saja membawa mereka terjerumus dalam pergaulan bebas.

“Sosialisasi kekerasan terhadap anak juga sangat penting mengingat masih banyak anak yang hidup dalam kekerasan yang dialami. Sosialisasi ini semoga bisa memberikan dampak positif bagi remaja agar bisa memanfaatkan masa remaja untuk memenuhi pembangunan kehidupan,” ujarnya.

Bupati Kabupaten Mimika, Eltinus Omaleng saat membuka acara mengatakan peredaran narkoba merupakan permasalahan nasional yang dipandang serius karena dapat menyebarkan rusaknya moral bangsa, dampak yang ditimbulkan dari narkoba sangat membahayakan bagi kesehatan.

Salah satu dampaknya kata Bupati, adalah menurunkan kesehatan reproduksi.

“Secara teori narkoba akan menyebabkan menurunnya kualitas sel-sel sperma, sel telur sehingga pembuahan menjadi tidak sempurna akibatnya bayi yang lahir menjadi cacat, Narkoba memberikan efek pada janin sehingga pertumbuhannya tidak sempurna,” kata Bupati.

Bupati mengatakan para remaja harus menjaga diri juga menjaga kesehatan reproduksi.

“Terutama bagi remaja karena remaja adalah waktu terbaik untuk membangun kebiasaan baik terutama menjaga kebersihan. Permasalahan masalah reproduksi tidak saja bagi remaja putri tapi juga pria harus mengerti cara hidup agar tidak terjerumus dalam pergaulan yang salah,” ungkapnya.

Menurut data kesehatan, kata Bupati terdapat korelasi antara kecanduan obat atau penyalahgunaan dengan perilaku kekerasan baik secara psikis maupun fisik.

“Kekerasan jika digabungkan dengan kecanduan obat obat dapat meningkatkan sutuasi berbahaya begitupula pada korban kekerasan yang mengalami stres dapat membuat kecanduan jika mencoba menggunakan obat terlarang,” ujarnya.

Dewasa ini, selain marak penyalahgunaan isu narkoba juga terdapat isu kesetaraan antara wanita dan pria atau kesetaraan gender.

Jika di kulik lebih dalam akan menjadi masalah ketimpangan antara laki laki dan perempuan.

“Masalah ini terjadi ketika perempuan memiliki kesempatan terbatas apabila dibandingkan dengan laki laki yang memiliki kesempatan luas terkait program dan aktifitas di masyarakat, sehingga perempuan perlu untuk memperoleh ruang untuk berkarya,” kata Bupati.

Ia berharap, kegiatan ini bisa memberikan informasi mengenai penyalahgunaan narkoba dan pengatahuan mengenai kesetaraan gender dan bagaimana menghadapi masalah Jika terjadi kekerasan dalam rumah tangga.

“Saya berharap peserta bisa ikut kegiatan dengan baik dan produktif sehingga semua yang diberikan dapat diterapkan dan dibagikam pada lingkungan lain sehingga bisa menciptakan generasi muda yang cerdas, sehat dan berkualitas,” pungkasnya.

reporter : Kristin Rejang
editor : Mish

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.