Remaja Putri Disarankan Minum Obat Penambah Darah 52 Tablet Setiap Tahun

Ilustrasi
Ilustrasi

TIMIKA | Remaja Putri disarankan meminum obat penambah darah yang diberikan oleh petugas kesehatan sebanyak 52 tablet setiap tahun atau satu tablet setiap minggu.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Reynold Ubra mengatakan pemberian tablet tambah darah bagi remaja putri juga penting untuk mencegah terjadinya anemia.

Rematri (remaja putri) rentan mengalami anemia karena menstruasi, kurang asupan zat besi dar protein dalam makanan sehari-hari dan sering melakukan diet yang keliru untuk menurunkan berat badan.

Untuk itu upaya pencegahan dan penanggulangar anemia dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang cukup mengandung zat besi dan protein dapat meningkatkan pembentukan hemoglobin serta penyerapan zat besi dalam tubuh dan konsumsi tablet tambah darah (TTD) secara teratur satu tablet setiap minggu dan 52 tablet selama setahun.

“Terjadinya stunting pada anak berkaitan erat dengar Rematri, apabila pada masa remaja putri sudah memiliki anemia, maka berpeluang menderita anemia saat hamil (setelah menikah),” katanya.

Kondisi ini akan semakin buruk sebab pada saat hamil dibutuhkan gizi yang lebih banyak jika tidak ditangani akan berisiko terjadinya pendarahan saat persalinan bayi berat badan lahir rendah, dan akhirnya melahirkan bayi stunting.

“Remaja putri Juga kita perhatikan akses air bersihnya,lingkungannya ketersediaan pangan lokalnya seperti apa dan juga perilaku masyarakat,” katanya.

Di Mimika, remaja putri harus sebanyak mungkin yang minum tablet penambah darah yang diberikan oleh petugas kesehatan.

“Remaja putri kalau sebanyak mungkin itu dia menerima tablet FE. Standar pelayanan minimal itu 100 persen. Tapi paling tidak 80 persen lah. Populasi terbanyak di Mimika ini adalah didalam kota kami coba akan kerjasama dengan dinas pendidikan dan guru SMA untuk pemberian tablet zat besi itu akan secara rutin diberikan kepada remaja putri minimal 1 tahun 52 tablet itu sudah bagus,” Pungkasnya.

 

reporter : Kristin Rejang

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.