Rentetan Tembakan di Ujung Landasan Bandara Ilaga, 4 Pesawat Balik ke Timika

Bandara Ilaga (Foto: Dok/Seputarpapua)
Bandara Ilaga (Foto: Dok/Seputarpapua)

TIMIKA | Empat pesawat terpaksa harus kembali ke Bandara Mozes Kilangin Timika, Kabupaten Mimika setelah sempat menempuh perjalanan menuju Bandara Aminggaru, Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, Jumat (13/5/2022).

Kepala Bandara Ilaga Herman Sujito mengatakan, ke empat pesawat itu tidak dapat mendarat di Bandara Aminggaru karena terdapat gangguan tembakan dari ujung landasan.

Diduga, tembakan itu akan menyasar pada pesawat yang akan mendarat.

“Pesawat sudah mau sampai Ilaga, karena terdengar suara tembakan, akhirnya kembali ke Timika lagi,” kata Herman saat dikonfirmasi seputarpapua.com via telepon selelur, Jumat.

4 pesawat yang gagal mendarat, yakni 2 pesawat Asian One, 1 Pesawat Reven Global Airtranspor, dan 1 Pesawat Spirit Avia Sentosa (SAS).

Awal insiden gangguan tembakan terjadi sekitar pukul 09.45 WIT, saat Pesawat Asian One PK-LTG hendak mendarat.

Terdapat rentetan bunyi tembakan di ujung landasan yang berasal dari arah Bukti Teletabis, Kampung Eromaga, Distrik Omukia.

Menurut Herman, untuk saat ini Bandara Aminggaru ditutup sementara hingga benar-benar aman.

“Kami terus berkoordinasi dengan aparat keamanan, untuk memastikan bandara aman untuk bisa dibuka kembali,” pungkas Herman.

reporter : Aditra
editor : Mish

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.