Resmi Jabat Danlanal Timika, Ini Dia Sosok Letkol Benedictus Hery Murwanto

Resmi Jabat Danlanal Timika, Ini Dia Sosok Letkol Benedictus Hery Murwanto
Komandan Lanal Timika, Letkol Laut (P) Benedictus Hery Murwanto. (Foto: Ist)

TIMIKA | Letnan Kolonel (Letkol) Laut (P) Benedictus Hery Murwanto, S.H yang akrab disapa Letkol Benny, kini menjabat sebagai Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Timika menggantikan Letkol Laut (P) Apriles Lusien Sukirno.

Letkol Benny merupakan pria kelahiran Yogyakarta pada 24 September 1980 yang besar di ibukota Jakarta.

Untuk menentukan masa depannya, Benny awalnya menyelesaikan pendidikan menengah atas di SMA Taruna Nusantara, Magelang, Jawa Tengah. Kemudian ia beranjak ke Surabaya, Jawa Timur untuk mendaftar masuk Akademi Angkatan Laut (AAL) sebagai Taruna.

Selama 3 tahun lebih memperoleh pendidikan sebagai Taruna AAL, Benny ditempatkan di berbagai Kapal perang Republik Indonesia (KRI) di Koarmatim, Surabaya, sampai dengan pangkat Kapten.

Ia sempat menjadi Komandan KRI Cucut (866), kapal patroli Komando Armada RI kawasan Barat (Koarmabar) di daerah sekitar Kepulauan Riau, dan sempat ditugaskan pada Staf Umum Operasi Angkatan Laut (Sopsal) di Cilangkap tahun 2015 sampai 2016.

Benny pun pernah mengenyam pendidikan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) di Jerman selama 2 tahun. Setelah menyelesaikan Seskoal, Benny ditempatkan lagi ke Kolinlamil di KRI Banda Aceh-593 sebagai Perwira Pelaksana (Palaksa).

Saat berdinas di KRI Banda Aceh, ia sempat mendapat penugasan sebagai International Liaison Officer (ILO) di Information Fusion Center (IFC) Singapura selama 11 bulan. Usai dari Singapura, Benny mendapatkan amanah menjadi Komandan KRI Teluk Parigi (539) di Satuan Lintas Laut Militer Surabaya (Satlinlamil Surabaya) sekitar 1 tahun lebih, kemudian ditarik lagi ke Sopsal sebagai Pabandya Renevalap selama 6 bulan.

Tak sampai disitu, Benny kembali mendapatkan amanah menjadi Komandan KRI Bontang 907 di Koarmada I, dan selepas itu Benny dipercayakan menjadi Komandan Lanal Timika dengan serah terima jabatan dilaksanakan di Merauke, Papua Selatan pada 17 November 2023 menggantikan Letkol Laut (P) Apriles Lusien Sukirno.

Letkol Benedictus Hery Murwanto berharap dirinya bisa diterima masyarakat Kabupaten Mimika dan dapat membangun hubungan baik dengan Pemerintah maupun Forkopimda.

“Harapan kita dapat bisa berkolaborasi, selaras melaksanakan tugas pokok masing-masing, dan tidak terjadi konflik horizontal diantara kita,” harap Danlanal yang ditemui pada Jumat, 8 Desember 2023.

penulis : Arifin Lolialang
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan