seputarpapua.com

Reynold Ubra Pastikan Tak Ada Penggunaan Alat Swab Antigen Bekas di Timika

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Reynold Ubra
Reynold Ubra

TIMIKA | Kasus penggunaan alat antigen bekas di Bandara Kualanamu, Sumatera Utara, yang marak diperbincangkan belakangan ini membuat masyarakat Mimika, Papua juga menjadi was-was.

Pasalnya, bukan tidak mungkin kasus tersebut terjadi di Mimika.

Meski demikian, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Reynold Ubra memastikan hingga saat ini belum ditemukan kasus serupa di Timika.

“Untuk alat antigen bekas sepertinya tidak ada karena semua fasilitas adalah milik pemerintah dan TNI Polri, jikalau ada fasilitas swasta, yang melakukan ya dia bertanggungjawab sendiri karena dia tidak ditetapkan dalam surat keputusan Bupati,” seru Reynold saat diwawancarai awak media, Selasa (4/5/2021).

Dirinya menjelaskan untuk tes antigen, ada beberapa rumah sakit yang sudah direkomendasikan di dalam aturan yakni RSUD Mimika, RSMM, RS. Kasih Herlina, dan Sumah Sakit Tembagapura.

Sementara Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yakni Puskesmas, Klinik Milik TNI maupun Polri.

“Diluar dari itu, dia bertanggungjawab untuk kasus itu sendiri,” serunya.

Menurutnya faskes yang diluar aturan Bupati untuk melakukan tes antigen kemudian melayani tes antigen itu sebenarnya melanggar.

“Karena, ini masa pandemi Covid, kita tidak berorientasi pada uang, kita berorientasi pada putus mata rantai Covid 19,” ucapnya.

Reporter: Kristin Rejang
Editor: Batt
Berita Terkait
Baca Juga