Reynold Ubra: Tidak ada KIPI Serius Pasca Pemberian Vaksin Sinovac di Mimika

Kepala Dinas Kesehatan Reynold Ubra. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)
Kepala Dinas Kesehatan Reynold Ubra. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)

TIMIKA | Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Papua, Reynold Rizal Ubra mengklaim hingga saat ini belum ada Kejadian Impitan Pasca I munisasi (KIPI) serius selama pemberian vaksin sinovac.

“Semuanya adalah gejala ringan atau non serius,” kata Reynold saat dihubungi melalui telepon selulernya, Selasa (11/5/2021).

Reynold mengungkapkan, ada dua kasus yang terjadi, namun ia menegaskan itu bukan karena vaksin tapi karena riwayat penyakit bawaan.

“Waktu screening, yang bersangkutan tidak menyampaikan dan justru tidak mengetahui bahwa dia punya riwayat penyakit. TB contohnya,” ungkapnya.

Setelah itu ada tanda gejala yang dirasakan setelah pemberian vaksin, yang kemudian baru diketahui ternyata ada gejala dari penyakitnya.

“Setelah divaksin baru ternyata diketahui, ini ada gejala (co insiden). Tapi itu tidak punya hubungan dengan vaksin,” terangnya.

Lanjutnya, namun orang yang mengalami tanda gejala itu sudah ditangani dengan baik oleh tim kesehatan sampai selesai masa pemantauan.

“Selama ini tidak ada KIPI serius,” pungkasnya.

reporter : Anya Fatma
editor : Batt

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.