Ribka Haluk, Perempuan Pertama Jabat Pj Gubernur di Tanah Papua

Ribka Haluk. (Foto: Ist)
Ribka Haluk. (Foto: Ist)

NABIRE | Sejarah baru diukir di Tanah Papua. Dr. Ribka Haluk, S.Sos.,MM merupakan perempuan Papua pertama yang jabat Penjabat Gubernur di Tanah Papua.

Ribka Haluk dilantik Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian pada Jumat (11/11/2022) sebagai Penjabat Gubernur Provinsi Tengah.

Sebelumnya Ribka Haluk juga dilantik Mendagri sebagai Staf Ahli Mendagri Bidang Aparatur dan Pelayanan Publik.

Ribka Haluk kini memimpin untuk Kabupaten Nabire, Mimika, Intan Jaya, Paniai, Deiyai, Dogiyai, dan Puncak Jaya.

Ribka Haluk lulusan Strata Satu dari Universitas Cenderawasih, Magister Ilmu Administrasi Universitas Garut, dan Doktoral Ilmu Manajemen Universitas Cenderawasih tercatat memiliki karier cemerlang di dunia pemerintahan khususnya di Tanah Papua. 

Sejumlah jabatan pernah didudukinya mulai dari Kasubdin Peningkatan Kesejahteraan Keluarga Kabupaten Jayawijaya (2001), Kepala Kantor Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Jayawijaya (2004), Kasubbag Tata Usaha Kabupaten Jayawijaya (2009), Sekertaris Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB Kabupaten Jayawijaya (2010).

Selanjutnya, Bidang Pemberdayaan Perempuan dan KB Kabupaten Jayawijaya (2011), Kadis Kesejahteraan Sosial dan Masyarakat Terisolir Provinsi Papua (2013), Kadis Sosial dan Pemukiman Provinsi Papua (2014).

Bahkan, perempuan kelahiran Piramid, Jayawijaya 10 Januari 1971 ini pernah mengisi kekosongan pimpinan daerah di dua kabupaten di Papua, yaitu Pj Bupati  Yalimo tahun 2021, dan Pj Bupati Mappi  tahun 2017.

 

Tanggapi Berita ini
reporter : Christian Degei
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.