Ribuan Pelajar Papua Bidik Prestasi di Babak Kualifikasi SAC Indonesia

Siswa SDN Sentra Pendidikan Kabupaten Mimika berlatih lari estafet untuk ikut berkompetisi dalam SAC Indonesia. (Foto: Ist)
Siswa SDN Sentra Pendidikan Kabupaten Mimika berlatih lari estafet untuk ikut berkompetisi dalam SAC Indonesia. (Foto: Ist)

TIMIKA | Ribuan pelajar SD, SMP dan SMA dari puluhan sekolah di Papua siap berlaga dalam Student Athletics Championships (SAC) Indonesia membidik prestasi di nomor atletik yang telah disediakan.

Babak kualifikasinya akan berlangsung mulai 7-9 Oktober di Mimika Sports Complex (MSC) Freeport Indonesia.

Dalam rilis yang dikeluarkan SAC Indonesia, Senin (26/9/2022), terdapat 70 lebih sekolah yang telah mendaftarkan peserta didiknya mengikuti SAC Indonesia.

Nantinya mereka akan beradu kecepatan dan kekuatan di nomor sprint (lari jarak pendek), relays (lari estafet), middle distance (lari jarak menengah), long jump (lompat jauh), shot put (tolak peluru), formula one hingga kanga’s escape.

SAC Indonesia juga mendapat dukungan penuh dari Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Mimika.

Sekretaris Umum Dinas Pendidikan Kabupaten Mimika, Marten Kanna mengatakan, SAC Indonesia bisa menjadi wadah bagus untuk berkompetisi bagi pelajar di Papua, khususnya di Kabupaten Mimika.

“Jadi semua sekolah diharapkan bisa berpartisipasi dalam SAC Indonesia ini,” ungkap Marten saat melakukan sosialisasi dengan kepala sekolah di Aula Sentra Pendidikan Mimika beberapa waktu lalu.

Hal serupa juga diungkapkan Kepala SDN Sentra Pendidikan di Timika, Syamsiah Muksin. Menurutnya, segala hal baik yang berkaitan dengan perkembangan minat dan bakat anak harus diberi perhatian lebih.

Bahkan, sebelum pengumuman SAC disiarkan oleh Disdik setempat, Syamsiah sudah terlebih dahulu mendaftarkan anak didiknya.

“Kami sangat antusias untuk mengikuti SAC Indonesia. Karena ini bisa menjadi pengalaman berkompetisi anak-anak kami. Meskipun kami belum pernah mengikuti event kompetisi atletik. Jadi SAC Indonesia ini menjadi yang pertama kalinya kami ikut. Tapi saya percaya anak-anak bisa menjadi juara,” ujar Syamsiah.

Dukungan besar juga diberikan oleh SD Inpres Koperapoka I Timika. Kepala sekolah SD Inpres, Margaritha Abraham, mendukung penuh peserta didiknya untuk bertanding di SAC Indonesia. Margaritha juga berharap SAC Indonesia akan terus berjaya untuk mengembangkan cabor atletik.

Selain di Papua, babak kualifikasi SAC Indonesia akan digelar di delapan wilayah lainnya, yakni Bali-Nusa Tenggara (Mataram), Yogyakarta (Yogyakarta), Jawa Barat (Bandung), Sumatera Utara (Medan), DKI Jakarta-Banten (Jakarta), Kalimantan (Banjarmasin), Jawa Tengah (Semarang), dan Jawa Timur (Surabaya).

Babak kualifikasi akan berlangsung mulai akhir September hingga awal Desember 2022.

Selanjutnya, pemenang dari masing-masing wilayah kualifikasi akan diadu di babak National Championship pada Desember mendatang di Jakarta.

Para juara National Championship berkesempatan mengikuti international training camp.

 

Tanggapi Berita ini
reporter : Saldi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.