RSUD Agats Tingkatkan Pelayanan Hingga Fasiltasi Pemulangan Jenazah Warga Meninggal

RSUD Agats memfasilitasi masyarakat yang sebelumnya dirawat pulang ke rumahnya. (Foto: Faqi/Seputarpapua)
RSUD Agats memfasilitasi masyarakat yang sebelumnya dirawat pulang ke rumahnya. (Foto: Faqi/Seputarpapua)

ASMAT | Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Agats, Kabupaten Asmat, Papua, dr. Yenny Yokung Young optimis meningkatkan pelayanan kesehatan untuk masyarakat.

dr. Yenny mengatakan, saat ini RSUD Agats memiliki tenaga medis dan non medis berjumlah 314 orang.

“Itu termasuk petugas kebersihan dan Satpam,”kata Direktur RSUD Agats dr. Yenny Yokung Young saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa, (22/3/22).

Kata dr. Yenny, dimasa pandemi Covid-19 di Asmat para Nakes didorong memaksimalkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Segala unek-unek keluhan kesehatan masyarakat ditangani dengan baik sesuai derita yang dialami,”kata dr. Yenny.

Peningkatan pelayanan kata dr. Yenny juga didukung dengan fasilitas penunjang yang dimiliki RSUD Agats yang terletak di Jalan Jokowi, Distrik Agats.

“Walaupun kami telah memiliki gedung RSUD yang baru, tetapi gedung RSUD yang lama masih digunakan untuk pelayanan,”katanya.

“Jadi aman untuk pasien penyakit lain yang menjalankan rawat inap di gedung RSUD baru maupun lama,”tuturnya.

 

Direktur RSUD Asmat, dr. Yenny Yokung Young. (Foto: Faqi/Seputarpapua)

 

Sementara itu, terkait gas tabung oksigen yang sebelumnya RSUD Agats sangat minim dimiliki. “Sekarang sudah lumayan karena memiliki mesin sendiri dan sehari bisa menghasilkan 10 tabung besar,”tuturnya.

Tidak hanya itu, dr. Yenny menginformasikan pula bahwa RSUD Agats memiliki 3 mobil ambulance yang beraktivitas melayani masyarakat di Kota Agats.

“Tiga mobil ini siap 24 jam untuk menjemput pasien dan memulangkan pasien sesuai lokasi kediaman pasien atau diantar ke pelabuhan Agats untuk dipulangkan melalui jalur laut dengan speadboat,” katanya.

Diakui pula, khususnya untuk masyarakat Asmat tetap diberikan pelayanan maksimal.
Sala satunya, jika pasien khususnya masyarakat asli Asmat yang dirawat di RSUD dan tidak bisa tertolong.

“Maka dibantu peti jenazah dan difasilitasi sampai ke kediaman almarhum,”tuturnya.

Untuk memulangkan jenazah RSUD Agats bekerjasama dengan Bagian Umum Kantor Setda Asmat untuk melancarkan aktivitas pemulangan Jenazah khususnya warga Asmat.

“Semoga seluruh warga Asmat tetap sehat dan menjaga imun tubuh, karena kesehatan sangat penting dari segala-galanya,”tutupnya.

reporter : Faqi Difinubun
editor : Mish

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.