00
Hari
00
jam
00
Menit
00
Detik
Banner_atas

RSUD Mimika Ditetapkan Sebagai Rumah Sakit Khusus Penanganan COVID-19

TINJAU | Bupati Mimika Eltinus Omaleng didamping Wabup Johannes Rettob, dan Sekda Marthen Paiding, serta pejabat lainnya meninjau kesiapan RSUD Mimika dalam menangani Covid-19. (Foto: Anya/SP)
TINJAU | Bupati Mimika Eltinus Omaleng didamping Wabup Johannes Rettob, dan Sekda Marthen Paiding, serta pejabat lainnya meninjau kesiapan RSUD Mimika dalam menangani Covid-19 beberapa waktu yang lalu. (Foto: Dok/SP)

TIMIKA | Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mimika, Provinsi Papua ditetapkan sebagai rumah sakit khusus penanganan pasien positif Covid-19 di wilayah itu.

Penetapan ini tertuang dalam Instruksi Bupati Mimika Nomor 1 tahun 2020 tentang Pencegahan, Pengendalian, Penanggulangan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Kabupaten Mimika tanggal 25 Maret 2020.

Selain menetapkan RSUD Mimika sebagai rumah sakit khusus penanganan COVID-19, di dalam instruksi tersebut juga menyebutkan apabila PDP terus meningkat dan pasien positif di Mimika naik signifikan, maka pemerintah bakal merekrut tenaga kesehatan sukarela dan menyiapkan rumah sakit darurat yang dilengkapi dengan fasilitas utama dan penunjang.

“Saya sudah keluarkan instruksi bupati. Kita (Pemkab Mimika) telah menutup bandara dan pelabuhan untuk pergerakan manusia,” ungkap Bupati Mimika Eltinus Omaleng saat jumpa pers di Hotel Grand Mozza, Rabu (24/3).

iklan_lokal_dalam_berita

Lanjut Bupati, selain itu, langkah yang akan dilakukan apabila penyebaran virus Corona meningkat adalah membatasi pergerakan penduduk secara total di Kabupaten Mimika.

“Kalau pergerakan penduduk belum sepenuhnya, hanya saja ada pembatasan jam buka untuk pusat-pusat area publik, seperti pasar, toko dan lain sebagainya. Itu langkah kita lakukan saat ini,” jelas Bupati Omaleng.

Ia juga tak henti-henti mengimbau masyarakat Mimika untuk membatasi diri dengan tidak keluar rumah apabila tidak memiliki keperluan mendesak. Menghindari area publik, menggunakan alat pelindung diri sebisanya agar tidak terinfeksi virus Corona.

“Saya berharap instruksi ini dapat dipatuhi oleh masyarakat Mimika, demi menyelamatkan kita semua warga Mimika,” pungkasnya.

 

Reporter: Batt
Editor: Misba Latuapo

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar