RSUD Mimika Juara I PLKK Award dari BPJS Ketenagakerjaan

PIAGAM - Penyerahan piagam penghargaan PLKK Award dari Kepala BPJS Ketenagakerjaan kepada Direktru RSUD Mimika. Foto: Anya Fatma/SeputarPapua

TIMIKA | Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mimika, Provinsi Papua meraih juara I pusat layanan kecelakaan kerja (PLKK) award dari BPJS Ketenagakerjaan.

RSUD Mimika mendapat juara 1 dan mengalahkan tujuh daerah di Bali, Nusa Tenggara dan Papua dengan masing-masing PLKK.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Mimika, Very K. Boekan menjelaskan, PLKK award ini bagi rumah sakit baik swasta maupun milik pemerintah, Puskesmas dan klinik yang bertujuan untuk menangani secara cepat dari awal sampai kesembuhan peserta BPJS Ketenagakerjaan yang mengalami kecelakaan kerja.

“PLKK award ini ialah ajang untuk menilai sudah seberapa baik dan bagus PLKK yang ada di setiap kabupaten kota di Bali, Nusa tenggara dan Papua dalam melaksanakan fungsi pelayanan yang cepat, tepat, akurat, mudah kepada peserta pada saat alami kecelakaan kerja,” kata Verry kepada SeputarPapua.com di RSUD Mimika, Selasa (11/1/2022).

Beberapa rumah sakit yang juga mengikuti award ini diantaranya RS Siloam NTT, RSUD Gianyar Bali, rumah sakit umum Denpasar dan di Papua RS Provita di Jayapura.

“Dan kita Mimika punya RSUD yang terpilih,” ungkap Verry.

Dia menjelaskan, penilaian PLKK award ini cukup sulit karena banyak indikator yang dinilai, diantaranya responsifitas dan penanganan cepat untuk pasien JKK.

“Yang membuat Mimika unggul dibanding RS lain karena PON XX kemarin itu iven besar dan RSUD Mimika buktikan mereka bisa tangani peserta PON yang mana mereka tertangani dengan baik sampai sembuh,” jelasnya.

Adapun hadiah yang diterima diantaranya piagam penghargaan dari BPJS Ketenagakerjaan dan hadiah barang berupa AC hingga komputer senilai Rp30 juta.

“Yang buat unggul itu kemarin penanganan PON yang sangat baik,” tuturnya.

Sementara Direktur RSUD Mimika, dr Anton Pasullu pada kesempatan yang sama menyampaikan terima kasih kepada semua pihak atas pencapaian ini.

Juara yang diraih pada 13 Desember 2021 itu sangat berkesan baginya dan tentu semua tim di RSUD Mimika.

dr Anton mengaku sama sekali tidak menyangka bahkan tidak menargetkan untuk memperoleh juara atau penghargaan dari BPJS atau instansi lain dalam pelayanan kepada pasien.

“Prinsip kami adalah memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh masyarakat yang membutuhkan,” ucapnya.

Semua pelayanan maksimal yang diberikan sesuai dengan tipikal sebagai pelayan masyarakat.

PIAGAM – Foto bersama pimpinan BPJS Ketenagakerjaan dan RSUD Mimika usai penyerahan piagam penghargaan PLKK Award. Foto: Anya Fatma/SeputarPapua

Penghargaan PLKK ini baru pertama kali diterima oleh RSUD Mimika. Dan tentu untuk mempertahankan lebih berat dari pada mendapatkan nya.

“Semoga kami tidak berpuas diri tapi jadi motivasi untuk lebih baik. Kami berterima kasih karena bisa berikan award kepada kami selama menangani peserta BPJS ketenagakerjaan,” ucap dr Anton.

Kedepannya, Ia berharap juga ada kerjasama, komunikasi dan koordinasi yang lebih baik agar pelayanan kepada masyarakat khususnya peserta BPJS ketengakerjaan.

“Penghargaan ini kami dapat bukan karena saya atau pejabat-pejabat disini tapi karena semua kerjasama tim medis, para medis dan admin kesehatan,” ungkapnya.

Menurutnya penghargaan ini beban sekaligus penyemangat untuk bisa mempertahankan bahkan jadi lebih baik.

“Jadi saya terima ini dengan rasa hormat dan terima kasih mewakili RSUD dan pemerintah Kabupaten Mimika,” tuturnya.

Selama tahun 2021 RSUD Mimika melayani 47 pasien pesrta BPJS Ketenagakerjaan. Dimana 26 orang atau sekitar 50% adalah atlet PON.

“Puji Tuhan kami bisa berikan pelayanan yang terbaik, pasti ada kekurangan itu jadi evaluasi kami untuk lebih baik kedepannya,” katanya.

reporter : Anya Fatma

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.