RSUD Mimika Launching Aplikasi Sidora, Pasien Rawat Jalan Kini Bisa Daftar Online

Peluncuran aplikasi pendaftaran Online untuk pasien rawat jalan di RSUD Mimika. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)
Peluncuran aplikasi pendaftaran Online untuk pasien rawat jalan di RSUD Mimika. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)

TIMIKA | Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mimika, Papua Tengah, telah meluncurkan aplikasi sistem pendaftaran online berbasis aplikasi (Sidora) untuk pasien rawat jalan.

Dengan aplikasi ini, pasien yang akan melakukan pemeriksaan di RSUD tidak perlu lagi mengantre di loket pendaftaran. Tetapi sudah bisa mendaftar dari rumah atau dari mana saja melalui aplikasi sidora secara online.

Plt Sekda Mimika, Petrus Yumte menyampaikan teknologi informasi dan komunikasi menjadi kebutuhan yang sangat penting guna menunjang jangkauan pelayanan pemerintah dan memudahkan masyarakat memperoleh layanan informasi yang terbaik.

Undang-undang nomor 44 tahun 2009 tentang rumah sakit bahwa setiap rumah sakit wajib melakukan pencatatan dan pelaporan tentang semua kegiatan penyelenggaraan rumah sakit dalam bentuk sistem informasi managemen rumah sakit (SIMRS). Peraturan Pemerintah Nomor 95 tahun 2018 tentang sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE).

“Berdasarkan ketentuan tersebut Pemkab Mimika mengapresiasi inovasi yang dilakukan oleh Direktur RSUD Mimika dalam rencana aksi perubahan dengan membuat suatu sistem pendaftaran online pasien rawat jalan (SIDORA) di RSUD Mimika,” kata Petrus saat menyampaikan sambutan Bupati Mimika.

Sidora ini diharapkan mempermudah akses masyarakat untuk berobat di RSUD Mimika, dimana pendaftaran pasien rawat jalan dapat dilakukan dari rumah atau dari mana saja melalui handphone sebagai alternatif pendaftaran selain datang langsung ke loket pendaftaran.

“Dengan menggunakan Sidora waktu antrian di loket pendaftaran akan lebih singkat sehingga masyarakat dapat terlayani lebih baik,” tuturnya.

Petrus juga menceritakan pengalaman pribadinya yang jarang melakukan pemeriksaan kesehatan di RSUD Mimika salah satunya karena harus mengantri lama.

“Tapi dengan aplikasi ini saya harap bisa mempercepat pelayanan, jadi kita sudah bisa daftar dari rumah datang bisa langsung ketemu dokter tidak antre lagi,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Direktur RSUD Mimika, dr. Anton Pasullu menjelaskan, aplikasi ini dibuat kaarena melihat kondisi saat ini di loket pendaftaran RSUD Mimika antrean cukup panjang sehingga waktu tunggu pasien bertambah panjang.

“Hal ini disebabkan Karena hampir sebagian besar pasien datang di waktu yang bersamaan. Biasanya itu di pagi hari,” kata dokter Anton.

Sesuai visi RSUD Mimika yaitu menjadi rumah sakit yang berkualitas, mandiri dan terkemuka di wilayah Papua, dalam menjalankan pelayanan di rumah sakit sudah menjadi keharusan untuk menerapkan sistem digitalisasi dalam meningkatkan pelayanan agar lebih efektif, efisien dan modern.

“Salah satu langkah yang menjadi terobosan atau inovasi yang diambil adalah penyediaan layanan pendaftaran sistem online pada pasien rawat jalan,” katanya.

Dalam penerapan sistem tersebut diharapkan tidak terjadi lagi penumpukan pasien, dan dapat mempersingkat waktu tunggu pasien rawat jalan.

Aplikasi ini dibuat oleh Yayasan Kanza bekerjasama dengan tim RSUD Mimika. “Untuk tahap awal kami hanya menyediakan layanan pendaftaran online,” tuturnya.

Dalam aplikasi ini sebenarnya sudah ada fitur-fitur informasi ketersediaan tempat tidur, layanan dokter, dan tempat pengaduan. Namun, itu untuk tahap kedepannya baru dibuka.

Dokter Anton menambahkan, saat ini juga aplikasi Sidora masih dalam tahap menunggu output dari google karena tahap verifikasi karena sekarang google agak ketat memverifikasi aplikasi yang masuk dalam play store.

Masyaakat bisa mendapatkan aplikasi ini dengan mengunduh melalui link yang disediakan.

“Untuk tahap awal kami menyiapkan akses untuk sementara yaitu link web dan ada barcode sambil menunggu aplikasi di play store,” katanya.

Tanggapi Berita ini
reporter : Anya Fatma

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.