RSUD Mimika Siapkan Aplikasi Daftar Online untuk Pasien Rawat Jalan

dr. Anton Pasullu saat menyampaikan persentase proyek perumahan aplikasi SIDORA, Selasa, 8 November 2022 (Foto: Felix/Seputarpapua)
dr. Anton Pasullu saat menyampaikan persentase proyek perumahan aplikasi SIDORA, Selasa, 8 November 2022 (Foto: Felix/Seputarpapua)

TIMIKA | Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mimika, Provinsi Papua Tengah menyiapkan aplikasi daftar online untuk pasien rawat jalan.

Direktur RSUD Mimika, dokter Anton Pasullu menjelaskan, aplikasi yang dibuat ini adalah sistem pendaftaran online berbasis aplikasi (sidora).

Dalam tahap persiapan ini, RSUD melakukan sosialisasi kepada stake holder terkait diantaranya Dinas Kesehatan, Dinas Kominfo, YPMAK, RSMM, RS Kasih Herlina, RS Tjandramedika, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, ISOS, Rumkitban, Kepala Puskesmas di Mimika, Klinik Pratama, Rimba Papua Hotel, Jasa Raharja dan Pangan Sari Utama yang digelar ruang Edelweis RSUD Mimika, Selasa (8/11/2022).

Dokter Anton mengatakan aplikasi ini merupakan implementasi aksi perubahan dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada pasien rawat jalan di RSUD Mimika.

“Mudah-mudahan tidak ada halangan kita launching untuk penggunaan,” kata dokter Anton saat diwawancara di RSUD Mimika, Selasa (8/11/2022).

Ia mengatakan, aplikasi ini masih dibuat hanya untuk pasien rawat jalan. Dengan tujuan untuk mengurangi penumpukkan di loket pendaftaran.

“Dengan adanya masalah penumpukan di loket pendaftaran, maka dengan aplikasi ini diharapkan bisa terurai penumpukan di loket,” katanya.

Anton mengaku diawal penggunaannya ini memang masih belum sempurna, tetapi dipastikan kedepan akan dikembangkan sesuai masukkan dari pihak-pihak terkait.

“Diskusi ini juga untuk terima masukan dari stakeholder internal seperti RS swasta, BPJS, klinik pratama, klinik swasta dan juga pasien,” tuturnya.

Meski nanti sudah digunakan, pendaftaran di RSUD akan tetap melayani pendaftaran secara offline di loket karena dipahami bahwa tidak semua masyarakat bisa menggunakan aplikasi berbasis teknologi.

 

Tanggapi Berita ini
reporter : Anya Fatma
editor : Felix

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.