Salat Idul Fitri Dipusatkan di Halaman Gedung Eme Neme Yauware

PENEMPATAN | Suasana rapat penempatan ustad-ustad yang bertugas saat pelaksanaan Salat Ied 1443 H. (Foto: Mujiono/seputarpapua)
PENEMPATAN | Suasana rapat penempatan ustad-ustad yang bertugas saat pelaksanaan Salat Ied 1443 H. (Foto: Mujiono/seputarpapua)

TIMIKA | Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Mimika tahun ini memusatkan Salat Idul Fitri 1443 H/2022 M di Halaman Gedung Eme Neme Yauware.

Penempatan ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dimana pelaksanaan Salat Ied selalu dipusatkan Lapangan Timika Indah.

Meski tahun ini Salat Ied dipusatkan di Halaman Graha Eme Neme Yauware, namun PHBI juga menyiapkan 80 masjid di seluruh wilayah Mimika, termasuk di Kokonao, Distrik Mimika Barat.

“Dari 80 masjid tersebut tidak termasuk tiga masjid di area PT Freeport Indonesia, karena langsung dikelola oleh Yayasan Masyarakat Muslim (YMM),” kata Ketua PHBI Mimika, La Itam Gredenggo yang didampingi Sekretaris PHBI Roni Irnawan di Masjid Agung Babussalam, Senin (25/4/2022).

Alasan memilih Halaman Gedung Eme Neme Yauware sebagai pusat Salat Ied, karena kata La Itam, tempatnya cukup luas dan bersih.

Apabila jumlah jamaah nantinya membludak, maka jalan raya disekitar Gedung Eme Neme Yauware akan digunakan.

Sedangkan untuk waktu pelaksanaan Salat Ied, dimulai dari pukul 06.30 WIT.

“Kalau nanti tidak cukup, maka akan menggunakan jalan di sekitar gedung,” terangnya.

La Itam menambahkan, terkait Ustad yang ditugaskan pada Salat Ied di Halaman Gedung Eme Neme Yauware dan 80 masjid lainnya, akan dilakukan rapat dengan seluruh Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) di seluruh Mimika.

Dari 80 Ustad yang disiapkan, 65 merupakan Ustad lokal. Sementara 15 Ustad didatangkan DKM sejak Ramadan ini.

“Jadi Ustad-ustad tamu itu sudah didatangkan sejak awal Ramadan sampai pelaksanaan Salat Ied. Jadi sudah tidak jadi masalah,” pungkasnya.

reporter : Mujiono
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.