Saleh Alhamid: Mutasi Pejabat Sekretariat DPRD Mimika Hambat Pelayanan

Gedung DPRD Mimika (Foto: Saldi/SP)
Gedung DPRD Mimika (Foto: Saldi/SP)

TIMIKA | Anggota DPRD Mimika Saleh Alhamid menilai mutasi massal pegawai dan pejabat di Sekretariat DPRD Mimika tanpa urgensi yang mendesak telah menghambat pelayanan lembaga legislatif.

Legislator Partai Hanura berpendapat, Bupati Mimika Eltinus Omaleng perlu meninjau kembali penempatan ASN terutama yang menduduki jabatan strategis di Sekretariat DPRD.

“Bupati banyak kekeliruan dalam menempatkan ASN di Sekretariat Dewan,” kata Saleh kepada Jurnalis Seputarpapua.com, Jumat (7/8).

Menurut dia, meski rolling pejabat adalah hak prerogatif bupati, tetapi khusus untuk Sekretariat Dewan ada hak dan kewenangan secara teknis yang dimiliki oleh Sekretaris Dewan (Sekwan).

Ia mencontohkan, salah satu kekeliruan Bupati Mimika dengan mengeluarkan SK terhadap staf ahli DPRD. Sementara Dalam PP No 18 tahun 2017 Pasal 23 ayat (3) disebutkan: staf ahli diangkat dan diberentikan oleh Sekwan.

“Kalau staf ahli itu diangkat dengan SK Bupati, otomatis dia tidak boleh mendapat hak-haknya di Sekretariat Dewan, tapi di keuangan bupati,” katanya.

IKLAN-TENGAH-berita

Jika sudah demikian, kata Saleh, maka seorang staf ahli tidak bertanggungjawab kepada Sekwan. Dia bertanggungjawab kepada bupati.

“Artinya, yang bersangkutan tidak akan pusing dengan Sekwan karena SK dia dari bupati,” kata dia.

Prev1 of 2

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar