Saleh Alhamid: Pengungsi Tembagapura itu Tanggungjawab Pemerintah, Bukan Freeport

Saleh Alhamid
Saleh Alhamid

TIMIKA | Legislator dari Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Saleh Alhamid meminta agar Pemerintah tidak selalu bergantung pada bantuan maupun dukungan dari PT Freeport Indonesia (PTFI), terutama terkait penanganan warga pengungsi dari wilayah Tembagapura, Mimika, Papua.

Hal itu disampaikan Saleh menyikapi cara penanganan para pengungsi dari tiga kampung di Distrik Tembagapura oleh pemerintah daerah, yang menurutnya pemerintah terkesan berharap banyak bantuan dari PT Freeport untuk sama-sama menangani warga pengungsi kembali ke kampung halamannya di Waa-Banti, Opitawak dan sekitarnya.

Meski warga pengungsi Tembagapura berada di wilayah sekitar operasional pertambangan PT Freeport, kata Saleh, mereka tetap menjadi tanggungjawab pemerintah daerah sepenuhnya.

“Yang punya masyarakat siapa? Bukan Freeport, tapi pemerintah. Jadi mereka itu tanggungjawab pemerintah, bukan Freeport,” kata Saleh di Timika, Senin (18/1/2021).

Lanjut dia, perlu dilihat persoalan awal mengapa sehingga warga akhirnya mengungsi dari wilayah Tembagapura ke Timika.

Menurut Saleh, jika warga meminta untuk diungsikan, tentu ada hal yang terjadi di wilayah mereka, entah itu karena adanya gangguan keamanan maupun hal-hal lainnya yang membuat warga tidak nyaman.

IKLAN-TENGAH-berita

Begitu pula sebaliknya, jika warga diminta untuk mengungsi, pasti sedang terjadi sesuatu yang membahayakan warga di tempatnya. Untuk itu menjadi tanggungjawab pemerintah untuk bagaimana menangani atau menjamin warganya.

Kemudian dalam proses pemulangan warga pengungsi ke kampung halamannya, pemerintah harus melihat lebih luas hal-hal yang harus diantisipasi. Seperti bagaimana cara penanganan kesehatan warga ketika sudah berada di kampung, juga perlu dibangun lagi fasilitas kesehatan.

Prev1 of 2

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar