Satu ABK dari Australia Dalam Pengawasan Tenaga Kesehatan di Mimika

Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob
Wakil Bupati, Mimika Johannes Rettob

TIMIKA | Seorang Anak Buah Kapal (ABK) kapal dari Negara Australia, yang merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) saat ini dalam pengawasan tenaga kesehatan di Mimika.

Kantor Kesehatan Kawasan Pelabuhan (KKP) Klas III Biak, saat ini masih melakukan pemeriksaan di Porsite yang merupakan wilayah PT Freeport Indonesia.

Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob membenarkan informasi tersebut.

Dikatakan, pihaknya mendapatkan informasi dari Kantor KKP Biak bahwa ada satu ABK dari Australia yang turun di Porsite, Amamapare, Mimika-Papua menjadi Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Pasien ini mengalami sakit pada tenggorokan, dan sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit AIA Kuala Kencana.

“Saya gak tau sakit apa. Tapi yang jelas pihak KKP sudah melakukan pemeriksaan terhadap yang bersangkutan. Dan sekarang ada di AIA,” kata Wabup saat ditemui di Pelabuhan Nusantara Pomako, Selasa (17/3).

Kata dia, dengan merebaknya wabah virus corona (Covid-19) ini, siapapun yang sakit dan itu berasal dari luar Mimika, patut dicurigai dan harus mendapatkan perawatan.

Saat ini ada dua kategori dalam penanganan kasus ini. Seperti ABK kapal yang turun di Porsite masuk kategori PDP.

Sementara untuk orang yang tidak sakit, tetapi berasal dari daerah atau negara yang terkena dampak virus corona masuk dalam kategori Orang Dalam Pengawasan (ODP). Apabila dinyatakan sehat, maka diperbolehkan pulang.

“Untuk semua kategori ini akan dibuatkan kartu. Yang menerangkan bahwa yang bersangkutan sehat,” ujarnya.

Ia menambahkan, saat ini semua dalam pengawasan. Apalagi Mimika ini daerah berkembang yang keluar masuknya orang dari beberapa daerah.

Pemda Mimika sendiri sudah melakukan koordinasi dengan semua pihak untuk membentuk gugus tugas.

“Tim yang berada di gugus tugas inilah, nantinya yang menangani kasus ini. Termasuk juru bicara dalam penyampaian kepada masyarakat,” tuturnya.

Reporter: Mujiono
Editor: Aditra

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar