Satu Dekade, 14 Rekor MURI Tercipta di Mimika

Senior Manager Museum Rekor Dunia - Indonesia, Awan Suharjo (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)
Senior Manager Museum Rekor Dunia - Indonesia, Awan Suharjo (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)

TIMIKA | Senior Manager Museum Rekor Dunia – Indonesia, Awan Suharjo mengkalkulasikan hingga kini Kabupaten Mimika sudah mendapatkan 14 penghargaan dari MURI.

Dijelaskan 14 tersebut ada yang diciptakan oleh Pemda Mimika, ada pula oleh PT.Freeport Indonesia yang beroperasi di Kabupaten Mimika.

Yang pernah dicetak oleh Pemda Mimika terjadi di antara periode tahun 2011 – 2019 diantaranya adalah kegiatan memahat peserta terbanyak, membuat ukiran patung yang terbesar, festival bakar batu peserta terbanyak dan belum lama ini 2019 dua rekor sekaligus dicatat oleh Pemda Mimika yaitu pagelaran tari seka peserta terbanyak dan mengenakan busana tauri peserta terbanyak.

Selain itu, ada 7 rekor yang dibuat oleh perusahaan PTFI pada rentan waktu tahun 2012 hingga 2017.

Beberapa diantaranya yaitu dengan penyelenggaraan tarian kontenporer Kakuru peserta terbanyak, upacara Hari Kemerdekaan RI yang diselenggarakan di tambang bawah tanah, pembangunan dan pemilik smelter tembaga pertama di Indonesia.

Lainnya adalah pemasok tunggal kontentrat tembaga terbanyak dan tiga rekor sekaligus pada tahun 2017 yakni pembangunan Masjid dan Gereja yang berlokasi di bawah permukaan tanah kurang lebih 1.700 meter, dan pembangunan masjid yang terletak pada elevasi tertinggi sekitar 3.800, lalu perusahaan tambang dengan pengembangan dan pelatihan terlengkap bagi masyarakat lokal.

Pada hari ini, Kamis (28/10/2021)
bertambah lagi dua rekor sekaligus yaitu pembuatan noken terbanyak yang dibuat oleh siswa taruna Papua sebanyak 1000 siswi dan rekor kedua yaitu penggunaan noken terbanyak yang dijadikan sebagai tas sekolah dan dipakai oleh 1.104 siswa siswi sekolah taruna Papua.

“Inilah sebuah apresiasi bagi Pemda Mimika dimana potensi budaya ini diangkat untuk bisa ditampilkan kepada masyarakat,” kata Awan Suharjo ketika diwawancarai usai kegiatan penyerahan piagam rekor MURI di SATP, Kamis.

Ia berharap agar prestasi yang diberikan oleh MURI dapat menjadi motivasi untuk yang lainnya.

“Mari kita sama-sama menggelorakan semangat kebanggaan nasional, potensi-potensi yang ada mari kita kembangkan dan lestarikan. Ini harus menjadi contoh, artinya supaya memotivasi agar semua orang bisa berlomba-lomba menciptakan atau membuat pencapaian-pencapain karya dan prestasi,” tuturnya.

Tanggapi Berita ini
reporter : Kristin Rejang
editor : Batt

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.