Satu Pelaku Pembunuh Staf KPU Yahukimo Ditangkap Polisi

TUNJUKAN | Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw saat menunjukan foto pelaku utama pembunuhan Staf KPU Yahukimo. (Foto: Istiemewa)
TUNJUKAN | Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw saat menunjukan foto pelaku utama pembunuhan Staf KPU Yahukimo. (Foto: Ist)

JAYAPURA | Pasca pembunuhan Staf KPU Yahukimo, Henry Jovinsky oleh orang tak dikenal pada 11 Agustus lalu, aparat Polres Yahukimo dibackup Brimob Polda Papua terus melakukan pengejaran terhadap para pelaku pembunuhan.

Upaya pengejaran terhadap pelaku akhirnya membuahkan hasil, setelah berhasil menangkap salah satu pelaku pembunuhan bernama Ariel Sonyap alias Korowai.

Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw menyebut, pelaku Ariel Sonyap merupakan anak buah dari pelaku utama Senat Soll, dan terlibat dalam sejumlah kejahatan seperti pembakaran ATM BRI serta sejumlah tindak kekerasan lainnya di Kabupaten Yahukimo.

“Tadi pagi sudah ada satu tersangka yang ditangkap oleh anggota kita dan saat ini sementara diamankan di Mapolres Yahukimo untuk proses pemeriksaan,” kata Kapolda kepada wartawan di Mapolda Papua, Kamis (17/9).

Kapolda mengungkapkan, dengan tertangkapnya satu pelaku ini, maka pihaknya akan terus melakukan pengejaran terhadap pelaku utama yakni Senat Soll untuk mengungkap motif pembunuhan Staf KPU Yahukimo, Henry Jovinsky.

“Kita masih mencari pelaku utama yang sudah dijadikan DPO. Mudah-mudahan dalam waktu yang tidak terlalu lama pelaku bisa kita tangkap sehingga kita bisa menggali apa latar belakang sesungguhnya kekerasan yang dilakukan terhadap staf KPU Yahukimo,” ungkapnya.

Selain mengejar pelaku utama, pihak kepolisian juga terus melakukan pemeriksaan terhadap saksi utama Kenan Mohi karena dari keterangan yang diberikan kepada polisi sering berubah-ubah.

“Untuk sementara saksi belum ditahan karena belum adanya bukti kuat dari pelaku,” ujar Kapolda.

Tanggapi Berita ini

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.