Sedot BBM dari Mobil, Petakan dan Kios di Jalan Busiri Hangus Terbakar

KEBAKARAN | Bangunan yang terdiri dari belasan petak kamar kos dan kios di Jalan Busiri, Mimika, Papua, hangus terbakar Sabtu pagi (28/5/2022). (Foto: Saldi/Seputarpapua)
KEBAKARAN | Bangunan yang terdiri dari belasan petak kamar kos dan kios di Jalan Busiri, Mimika, Papua, hangus terbakar Sabtu pagi (28/5/2022). (Foto: Saldi/Seputarpapua)

TIMIKA | Sebuah bangunan yang terdiri dari rumah tinggal, kosan dan kios di Jalan Busiri, Kelurahan Inauga, Distrik Wania, Kabupaten Mimika, Papua, hangus terbakar, Sabtu pagi (28/5/2022).

Penyebab kebakaran ini diduga akibat bahan bakar minyak (BBM), lalu merembet ke bagian bangunan lainnya mulai dari petakan tempat tinggal pribadi korban (pemilik bangunan) yang diketahui bernama Haji Anwar Sabe, berikut 5 petak kios dan barbershop serta 7 petak kamar kost.

Tidak hanya itu, 2 unit mobil dan 5 unit sepeda motor ikut terbakar. Harta benda itu tidak dapat diselamatkan karena api dengan cepat membesar lalu merambat ke sisi-sisi bangunan yang bersambungan.

Salah satu saksi yang tinggal di kost dan juga menjadi korban kebakaran ini bernama Marsel, menyebut bahwa api berasal dari sisi petakan yang ditempati oleh pemilik bangunan, kemudian dengan cepat membakar sisi bangunan lainnya.

Harta benda milik penghuni kamar kost dan kios yang disewakan pemiliknya, banyak tidak dapat diselamatkan. Bahkan ada juga penghuni kost lainnya yang hanya menyelamatkan diri dengan pakaian di badan, lantaran saat kejadian masih tertidur.

Pemadam kebakaran yang merespon peristiwa ini berhasil memadamkan api sekitar 2 jam kemudian dengan mengerahkan 2 unit kendaraan.

Dari keterangan sejumlah warga di lokasi kejadian, menyebut bahwa kebakaran ini diduga akibat pemilik bangunan yang saat itu sedang menyedot BBM dari tanki mobil untuk kemudian ditampung dijeriken. Lalu menyebabkan kebakaran lantaran diduga merokok. Jeriken yang berisi BBM terbakar, lalu merambat dan menyebabkan bangunan terbakar.

Namun, ada warga lainnya yang juga menyebut bahwa kebakaran ini akibat arus pendek listrik, lantaran sempat mendengar ucapan dari pemilik bangunan yang menyebutkan demikian.

Sementara itu dari petugas kepolisian yang merespon di lokasi kejadian, belum ada pejabat berwenang yang dapat menyampaikan keterangan resmi terkait peristiwa ini.

reporter : Saldi
editor : Batt

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.