Sejarah di Indonesia, Mako Baru Polda Papua Diresmikan Panglima TNI, Kapolri dan Kasad

peresmian Mako Polda
Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dalam peresmian Mako Polda Papua yang baru di Koya Koso, Kota Jayapura. Foto: Alley/Seputarpapua

JAYAPURA | Luar Biasa, demikian kesan dalam peresmian Mako baru Polda Papua yang berlokasi di Koya Koso, Kota Jayapura, Papua, Minggu (8/1/2023) petang.

Bagaimana tidak, peresmian yang ditandai dengan penandatanganan prasasti dan penekanan tombol sirine ini secara langsung dilakukan oleh Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono bersama Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Kasad Jenderal Dudung Abdurachman, serta para bintang (jenderal) Polri, dan tiga Matra TNI, AD,AU dan AL.

Kapolri mengungkapkan,  kehadiran  Panglima TNI bersama pimpinan pada tiga Matra TNI dalam peresmian ini, tentu menjadi bukti nyata makin kokohnya sinergitas TNI dan Polri.

“Ini (peresmian) sangat berbeda dari biasanya. Mungkin ini juga jawaban atas doa Kapolda Papua dan seluruh anggota sehingga hari ini yang resmikan Panglima, Kapolri ditambah disaksikan tiga Kepala Staf,” katanya disela-sela peresmian.

“Luar biasa juga karena di tempat lain belum ada. Dan  ini adalah hadiah Natal dan Tahun Baru untuk seluruh anggota dan tentunya masyarakat Papua juga,” sergah Kapolri.

Ia pun berpesan kepada Kapolda Papua Irjen Mathius Fakhiri, agar contoh sinergitas yang tertampak hari ini dapat diimplementasikan di daerah ujung Timur Indonesia ini.

“Dengan kokohnya sinergitas dan soliditas TNI dan Polri, maka  masyarakat akan merasa nyaman dan aman yang tentu akan bermuara pada stabilitas politik dan keamanan yang berjalan baik, sehingga terwujudnya kesejahteraan masyarakat, pertumbuhan ekonomi, dan investasi,” papar Kapolri.

Soliditas sangat perlu diterapkan dalam mengawal dan menjaga apa yang menjadi program kebijakan pusat maupun daerah.

“Tingkatkan kualitas, soliditas dan sinergitas, karena  TNI dan Polri menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan menjaga keamanan dan juga membuat seluruh masyarakat aman dan nyaman,”tuturnya.

Lebih jelas dengan dibangunnya gedung baru yang berlokasi di tempat yang  baru, dapat mewujudkan program Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) terkait  mendorong pembangunan infrastruktur  di wilayah Indonesia Timur.

“Kita harapkan sejalan dengan apa yang menjadi kebijakan Pak Presiden bahwa tanah Papua harus maju seperti daerah lain di Indonesia,” katanya.

Ditegaskan Kapolri,  Papua adalah surga kecil yang jatuh ke bumi.

“Ini saya mengulang apa yang disampaikan Pak Presiden.  Saya selalu mendorong pembangunan infrastruktur khususnya di bagian wilayah Indonesia timur untuk dipercepat dan nantinya secara paralel dengan pembangunan SDM yang juga ingin kita kerjakan,” ungkapnya.

Kapolri  kembali meminta Kapolda Papua harus mampu menyiapkan program-program segar,  terutama guna meningkatkan aktivitas masyarakat yang berdampak pada  pertumbuhan ekonomi baru di wilayah ini.

Sementara itu senada dengan Kapolri, Panglima TNI juga mengaku peresmian ini akan menjadi sejarah penting.

Tanggapi Berita ini
reporter : Alley

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.