seputarpapua.com

Sekda Mimika Sampaikan Pesan Bupati ke OPD soal Program Prioritas 2022

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
SAMBUTAN | Sekda Mimika, Michael Gomar saat membawakan sambutan dalam acara penutupan kegiatan Musrenbang RKPD, Jumat (16/4/2021). (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)
SAMBUTAN | Sekda Mimika, Michael Gomar saat membawakan sambutan dalam acara penutupan kegiatan Musrenbang RKPD, Jumat (16/4/2021). (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)

TIMIKA | Sekretaris Daerah Kabupaten Mimika, Michael Gomar, menyampaikan beberapa pesan Bupati Mimika Eltinus Omaleng dalam penutupan Musrenbang tingkat kabupaten, Jumat (16/4/2021).

Gomar yang juga Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) mengatakan, prioritas kegiatan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang sudah diusulkan di tahun anggaran 2022 nanti, sesuai pagu anggaran tentu menjadi catatan pimpinan dan tim anggaran.

“Karena tentu ada juga beberapa OPD yang mungkin merasa bahwa anggaran yang diberikan kecil, tidak sesuai dengan kebutuhan program dan kegiatan yang ada di OPD,” kata Gomar.

Bupati dan juga tim anggaran, kata Gomar, sebetulnya menyadari hal tersebut. Beberapa keluhan bahkan sudah disampaikan oleh para pimpinan OPD.

“Tetapi kami juga mohon pengertian dari OPD karena kegiatan prioritas kita di tahun anggaran 2022, kami akan sesuaikan untuk menyelesaikan beberapa program tahun jamak (multiyears), program tahun jamak yang bisa diselesaikan di tahun anggaran 2022 bahkan di tahun 2023,” katanya.

Karena itu, Gomar mengatakan, program yang wajib dilaksanakan OPD di tahun anggaran 2022 adalah program prioritas yang memang diselesaikan di tahun anggaran 2022 sesuai dengan kebutuhan serta tugas dan fungsi dari pimpinan OPD.

“Salah satu contoh kalau memang kebutuhan anggarannya sampai dengan satu tahun, yah tolong untuk diprioritaskan untuk satu tahun. Jangan dianggarkan selama enam bulan. Kerjakan yang memang menjadi kebutuhan dan tugas pokok serta fungsi dari pimpinan OPD tersebut,” ucapnya.

Gomar melanjutkan, tim anggaran Pemkab Mimika beberapa waktu lalu sudah rapat dan sudah melakukan kesepakatan untuk melakukan review rencana kerja anggaran.

“Kita akan melaksanakan review rekaan untuk melihat kembali usulan program kegiatan dari pimpinan OPD sehingga benar-benar program prioritas yang menjadi rancangan awal RKPD tahun 2021 ini, dapat terwujud dan terlaksana,” katanya.

“Jangan sudah jadi prioritas di tahun 2022, kemudian tidak dilaksanakan, tidak menjadi prioritas bahkan tidak ada di dalam program kegiatan sesuai dengan anggaran 2022. Ataupun mungkin ada, tapi hanya dianggarkan untuk beberapa bulan saja,” sambung dia.

Berita Terkait
Baca Juga