Sekolah Pedalaman Mimika Dibuka, Pinggiran Kota Secara Manual

Kepala Dinas Pendidikan Jenny Usmani. Foto: Anya Fatma/SP
Kepala Dinas Pendidikan Jenny Usmani. (Foto: Anya Fatma/SP)

TIMIKA | Pemerintah Kabupaten Mimika melalui Dinas Pendidikan memetakan sekolah berdasarkan wilayah, untuk memastikan proses belajar mengajar tetap berlangsung di zona yang dinyatakan aman dari Covid-19.

Ada pun sekolah dibagi dalam tiga wilayah yaitu wilayah pedalaman yang dijangkau menggunakan transportasi laut dan udara, wilayah pinggiran dan wilayah kota.

Kepala Dinas Pendidikan, Jenny Usmani menjelaskan, untuk wilayah pedalaman tetap melaksanakan proses belajar mengajar do sekolah seperti biasanya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19.

“Sekolah juga akan dilengkapi thermo gun untuk mengecek suhu badan anak sebelum dia belajar,” katanya saat diwawancara di Timika, Kamis (2/7).

Sementara untuk wilayah pinggiran seperti daerah satuan Pemukiman (SP) hingga Poumako, akan diterapkan sistem belajar secara manual.

Dimana, guru yang melakukan kunjungan ke rumah siswa atau memberikan tugas yang sistemnya akan diatur oleh masing-masing sekolah.

Dalam proses belajar seperti ini, kata Jenny, harus ada hasilnya, maksudnya ialah guru tidak lepas tangan begitu saja, tetapi harus tetap melakukan kontrol yang ketat.

“Jadi bukan sama sekali anak tidak belajar. Tapi sebisa mungkin kita menghindari kontak,” katanya.

Untuk wilayah kota, sistem pembelajaran juga ada yang dilakukan secara manual maupun secara online baik melalui google classroom atau WhatsApp.

Pemerintah Kabupaten Mimika melalui Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 setempat telah menetapkan masa new normal atau penerapan tatanan kehidupan baru mulai 3 Juli 2020.

Masa new normal yang diterapkan pasca Pembatasan Sosial Diperluas dan Diperketat (PSDD) akan berlangsung hingga 13 hari ke depan. Selanjutnya masih akan dievaluasi.

Reporter: Anya Fatma
Editor: Sevianto

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar