Sekolah Restorasi Angkatan II Dibuka, Ini Pesan Rektor Unmus

Pembukaan sekolah restorasi angkatan II
Pembukaan sekolah restorasi angkatan II

MERAUKE | Rumah Aspirasi Sulaeman L Hamzah kembali membuka Sekolah Restorasi Nasdem angkatan II 2022 di Kabupaten Merauke, Papua.

Direktur Eksekutif Rumah Aspirasi Sulaeman L Hamzah yang juga Kepala Sekolah Restorasi, Fauzun Nihayah mengatakan, gelombang kedua sekolah restorasi dibuka untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan pengetahuan dan keterampilan.

“Angkatan I telah meluluskan 67 wisudawan yang berasal dari berbagai latar belakang baik siswa lulusan SMA maupun mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di perguruan-perguruan di Merauke,” kata Fauzun, Sabtu (4/6/2022)

Program pendidikan nonformal ini menurut Fauzun, untuk meningkatkan sumber daya manusia generasi muda Papua yang berkarakter, memiliki ilmu pengetahuan dan keterampilan yang mampu berkompetisi di era globalisasi.

Fauzun menyebut, pendaftar sekolah restorasi angkatan kedua mencapai 98 anak muda Papua dari berbagai kabupaten di selatan (Merauke, Boven Digoel, Asmat, dan Mappi). Bahkan para pendaftar ada juga yang berasal dari Kabupaten Yahukimo dan Jayawijaya.

Ia menambahkan, materinya terkait penguatan SDM, seperti public speaking, teknik lobi dan negoisasi, kewirausahaan, kepemimpinan dan organisasi, bahkan jurnalistik.

Rektor Universitas Negeri Musamus Merauke, Dr Beatus Tambaip hadir untuk memberikan motivasi kepada peserta sekolah restorasi gelombang dua.

“Pendidikan formal perlu juga didukung dengan pendidikan nonformal, guna membentuk kemampuan dan ketrampilan seseorang,” kata Beatus.

Dikatakan, ada tiga hal penting dari pendidikan, yakni kognitif (ilmu pengetahuan), afektif (sikap dan tingkah laku) dan psikomotorik (kemampuan dan ketrampilan).

“Sekolah nonformal ini sangat baik. Adik-adik perlu ikuti sehingga memperkuat kognitif, afektif dan psikomotorik yang sudah diperoleh dari pendidikan formal,” ujarnya.

Menurut Beatus, sekolah yang dicetus para politisi Nasdem itu perlu disambut positif, karena sejatinya untuk memdorong dan meningkatkan sumber daya manusia generasi muda Papua.

“Saya berharap sekolah restorasi ini berkontribusi untuk pengembangan kualitas sumber daya manusia Papua yang unggul dan cerdas,” pesan Beatus.

 

reporter : Emanuel
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.