Seluruh Pemilik Sound System se-Mimika Bergabung, Langit Timika ‘Bergetar’

PARADE | 18 pemilik sound system se-Mimika gelar Parade Sound System di Eks Pasar Timika, Papua, Senin (31/5/2021). (Foto: Yonri/Seputarpapua)
PARADE | 18 pemilik sound system se-Mimika gelar Parade Sound System di Eks Pasar Timika, Papua, Senin (31/5/2021). (Foto: Yonri/Seputarpapua)

TIMIKA | Timika Sound System Community (TSSC) menggelar Parade Sound System di lapangan eks Pasar Timika, Papua, Senin (31/5/5).

Kegiatan ini melibatkan 18 pemilik sound system se-Kabupaten Mimika. Dengan berkumpulnya seluruh pemilik sound system beserta pengeras suaranya, alhasil, lapangan bekas pasar itu terasa ‘bergetar’ mengikuti dentuman bass dan trebel dari kumpulan-kumpulan speaker.

Acara ini cukup menarik perhatian warga di sekitar pasar lama. Tidak sedikit anak-anak, remaja bahkan orang tua antusias mengikuti acara tersebut meski di bawah terik matahari.

Ketua TSSC, Antonius Balaba menjelaskan, Parade Sound System bertujuan menjalin persaudaraan di antara pemilik.

“Karena di Papua ini belum pernah ada parade seperti ini, kita mulai dari Timika bahwa Timika juga bisa melaksanakan parade seperti ini, seperti di kota-kota besar,” tuturnya di sela acara.

Menurutnya, parade sepert ini sudah sering dilakukan di kota-kota besar di Indonesia. Bahkan, menurutnya hampir tiap bulan.

Pihaknya menginisiasi parade ini sebab selain sebagai ajang hiburan, juga dalam rangka menyambut PON XX Papua 2021. Menurut Anton, kesuksesan sebuah acara, termasuk PON juga ditentukan oleh sound system yang memadai.

“Ini kan sudah mau PON di Papua, terutama kita di Timika sebagai tuan rumah. Jadi kita siapkan ini untuk PON nanti. Kami sudah siap untuk mensukseskan PON,” tegas Anton.

Diakui Anton, acara ini dilakukan atas swadaya atau sumbangan sukarela dari anggota TSSC.
Pihaknya akan melakukan parade tersebut secara rutin khususnya pada acara-acara besar seperti HUT RI di bulan Agustus.

“Kalau Tuhan berkenan, kita akan rutin terus. Mungkin menjelang 17-an kita meramaikan, toh,” tutupnya.

Tanggapi Berita ini
reporter : Yonri
editor : Mish

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.