Semangat HANI 2020 di Mimika, Langkah Membangun Solidaritas Menjaga Masyarakat

PERINGATAN | BNN Kabupaten Mimika menggelar peringatan Hari Anti Narkotika Internasional tahun 2020 di Bobaigo Keuskupan Timika, Jumat (26/6). (Foto: Saldi/SP)
PERINGATAN | BNN Kabupaten Mimika menggelar peringatan Hari Anti Narkotika Internasional tahun 2020 di Bobaigo Keuskupan Timika, Jumat (26/6). (Foto: Saldi/SP)

TIMIKA | Badan Narkotika Nasional (BNN) dari pusat hingga kabupaten/kota di seluruh Indonesia, Kamis (26/6), secara serentak menggelar puncak peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) tahun 2020.

Puncak peringatan HANI tahun ini dilaksanakan dua kegiatan, yakni mendengar pidato Wakil Presiden, Ma’ruf Amin secara virtual dilanjutkan keesokan harinya live konser Slank di Jakarta dan disiarkan langsung oleh salah satu stasiun televisi swasta.

Ketua BNN Kabupaten Mimika, Kompol Mursaling dalam laporannya mengatakan, peringatan HANI tahun 2020 ini mengambil tema “Hidup 100 persen di Era New Normal, Sadar, Sehat, Produktif dan Bahagia Tanpa Narkoba”.

Selanjutnya, Mursaling pun memaparkan bahwa berdasarkan hasil penelitian BNN yang bekerjasama dengan pusat penelitian masyarakat dan budaya LIPI pada tahun 2019, trend pravalensi penyalahgunaan narkotika di Indonesia setahun terakhir pakai sebesar 1,80 persen, atau setara dengan 3.419.188 orang.

Sedangkan angka pravalensi penyalahgunaan narkotika sekali pakai seumur hidup tahun 2011, sebanyak 2,40 persen atau setara dengan 4.530.000 orang.

“Dengan demikian, kita dapat menyelamatkan orang sekitar 1.000.000 penduduk Indonesia,” katanya.

Sebagai bentuk penajaman peran stakeholder terutama instansi pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, telah dikeluarkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 2 tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GN) tahun 2020-2024.

“Inpres ini menitikberatkan pada rencana aksi kementerian atau lembaga dan pemerintah daerah guna mendukung program P4GN,” kata Mursaling.

Prev1 of 2

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar