Semarakan HUT ke 77, Warga SP2 Mimika Gelar Bebagai Lomba

PENYERAHAN | Penyerahan hadiah kepada juara panjat pinang di peringatan HUT RI ke 77 yang digelar warga SP2 Mimika. (Foto: Ist/Seputarpapua)
PENYERAHAN | Penyerahan hadiah kepada juara panjat pinang di peringatan HUT RI ke 77 yang digelar warga SP2 Mimika. (Foto: Ist/Seputarpapua)

TIMIKA | Meskipun HUT ke 77 RI sudah lewat, namun kemeriahannya masih terlihat dan terasa di Kabupaten Mimika, Papua.

Ini seperti terlihat di Kelurahan Timika Jaya (SP2), masyarakat antusias menggelar berbagai kegiatan yang dilaksanakan pada Minggu (21/8/2022).

Adapun kegiatan yang dilakukan, mulai lomba untuk anak-anak, yakni lari kelereng, balap karung, makan kerupuk dan lainnya.

Kemudian panjat pinang, karnaval, dan kuda lumping.

“Seluruh rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT ke ini digagas oleh Ikatan Pemuda dan Pemudi Kreatif (IPPK) SP2 dan didukung KKJB Cabang SP2,” kata Ketua KKJB Cabang SP2, Teguh Sukma melalui telepon selulernya, Senin (22/8/2022).

Kata dia, rangkaian kegiatan yang dilaksanakan diikuti seluruh warga SP2, mulai anak-anak sampai orang dewasa.

Seperti karnaval yang mengambil rute sekitaran wilayah SP2, banyak warga yang mengikuti. Dimana, mereka menggunakan berbagai macam kostum, mulai pakaian profesi, seragam sekolah, seni budaya, dan kuda lumping.

“Paling seru adalah panjat pinang yang diikuti kaum bapak-bapak per kelompok. Dimana pohon pinang yang sudah dibalur dengan oli, menambah keseruan, dan setiap kelompok mengambil hadiah yang sudah disediakan panitia,” tuturnya.

Apapun yang diakukan ini, kata Teguh sebagai bentuk partisipasi dari warga Indonesia, serta bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang telah rela berkorban nyawa demi kemerdekaan Bangsa Indonesia.

Untuk itu, sebagai generasi penerus bangsa yang menikmati hasil perjuangan para pahlawan, akan terus berupaya sesuai dengan kemampuan dan profesi masing-masing.

“Meskipun lomba-lomba yang kami lakukan ini nilainya kecil. Tapi kami tidak akan melupakan sejarah dan perjuangan para pahlawan. Apalagi Bung Karno sebagai bapak bangsa telah berpesan ‘Jas Merah’. Jangan Lupakan Sejarah,” ungkapnya.

Tanggapi Berita ini
reporter : Mujiono
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.