Sempat Dilaporkan Hilang, Ternyata Rombongan Kadistrik Singgah di Distrik Amar

Tim SAR Timika
Tim SAR saat melakukan operasi SAR penyisiran mencari korban di perairan Mimika, Papua Tengah. Foto: Ist

TIMIKA | Perahu longboat bermuatan enam orang yang dilaporkan hilang sejak Senin, 4 Juli 2022, telah ditemukan. Yangmana dalam rombongan itu terdapat Kepala Distrik (Kadistrik) Mimika Barat Jauh, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, Aswin Talahatu.

Ternyata, longboat yang memuat rombongan Kadistrik tersebut singgah di Distrik Amar, lantaran kondisi perairan dalam perjalan menuju Potowaiburu sedang tidak bersahabat.

Kasubsie Operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika, Charles Y. Batlayjery membenarkan bahwa rombongan Kadistrik Mimika Barat Jauh kini berada di Amar. Hal itu setelah tim SAR dari Timika tiba di Amar dan memastikan langsung rombongan tersebut.

“Iya, sudah ditemukan. Tadi anggota Basarnas di lapangan sudah bertemu. Tadi saya sendiri sudah bicara langsung dengan kepala distrik pakai HP satelit Basarnas,” jelas Charles yang dikonfirmasi via telpon, Kamis malam (7/7/2022).

Hal yang sama juga disampaikan Kepolsek Mimika Barat Jauh, Iptu Sony Tahapari. Ia mengatakan, personel di lapangan telah melakukan pengecekan dan menginformasikan melalui radio SSB bahwa rombongan Kadistrik ternyata singgah di Amar.

“Sudah fix di Amar. Info kita dapat via SSB. Rombongan karena ombak, mereka singgah di Amar. Nanti kalau laut membaik, akan lanjut lagi ke Potowaiburu,” ujar Kapolsek Iptu Sony.

Sebelumnya, Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika mendapat laporan terkait hilangnya perahu longboat bermuatan enam orang termasuk Kadistrik Aswin Talahatu didalamnya.

Yangmana pada Senin, 4 Juli 2022 rombongan bertolak dari Timika menuju Potowaiburu. Seharunya pukul 12.00 WIT rombongan sudah tiba di tempat tujuan, namun hingga pagi tadi rombongan belum tiba. Sehingga informasi tersebut disampaikan ke Kantor SAR Timika untuk di tindaklanjuti.

Rombongan Kadistrik Mimika Barat Jauh, Aswin Talahatu (51) bersama dengan Jhony Cowa (48), Septerandus Rumaterai (40), Yoran Bosapia (28), Herryo Timporok (26) dan Heri Opeyata (21)

penulis : Arifin Lolialang
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan