Seputarpapua.com Terima Dana Bantuan Darurat Jurnalisme Covid-19 dari Google

TIMIKA | Sebanyak 5.300-an lebih media lokal kecil dan menengah di seluruh dunia menerima Dana Bantuan Darurat untuk Jurnalisme atau Journalism Emergency Relief Fund (JERF) Google News Initiative (GNI) di tengah pandemi Covid-19.

Seputar Papua (Seputarpapua.com) adalah salah satu media online yang dinyatakan memenuhi kriteria memperoleh bantuan, mulai dari $ 5.000 – $ 30.000. Media yang mencakup sejumlah publikasi di bawah satu organisasi dibatasi pada $ 85.000.

Kucuran dana bantuan darurat Jurnalisme itu telah disalurkan ke media seputarpapua.com yang berkantor di Kota Timika, Papua, Selasa (23/6), melalui Payoneer – jasa keuangan online yang berpusat di New York, Amerika Serikat.

Dana ini bertujuan untuk mendukung produksi informasi (berita) yang dibutuhkan komunitas lokal dalam menghadapi pandemik Covid-19. Kesempatan ini menyediakan bantuan keuangan yang mudah diakses pada saat kritis seperti sekarang ini.

Head of Google News Initiative Innovation, Ludovic Blecher, dalam blognya mengatakan 5.300 media memperoleh bantuan berasal dari 140 negara yang dinyatakan memenuhi syarat.

Sejak pendaftaran dibuka awal April 2020, Google telah menerima lebih dari 12.000 proposal. Namun sekitar 50 persen proposal tidak memenuhi kriteria yang ditetapkan untuk umum.

“Sekitar 90 persen media lokal yang menerima bantuan di antaranya berasal dari newsroom atau media yang mempekerjakan kurang dari 26 jurnalis,” katanya.

Tim Google News Initiative melakukan review berdasarkan kriteria yang sudah ditetapkan, yaitu media yang beroperasi di wilayahnya sendiri, menyasar pembaca di kelompok geografis tertentu, serta bertekad meneruskan kerja mereka lewat pendanaan ini.

Prev1 of 3

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar