Serahkan DPA, Walkot Jayapura Ingatkan OPD Jangan Hanya Fokus pada Belanja

JAYAPURA | Wali kota Jayapura Benhur Tomi Mano menyerahkan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) tahun 2022 kepada Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Penyerahan DPA berlangsung di Aula Sian Soor, kantor wali kota Jayapura, Rabu (12/02/2022).

Benhur mengharapkan, setelah menerima setiap OPD harus konsisten dengan anggaran kas yang termuat dalam DPA sesuai tugas dan fungsinya masing-masing.

OPD juga diminta, segera ditindaklanjuti dengan penyiapan administrasi pelaksanaan kegiatan berupa dokumen-dokumen pengadaan barang dan jasa sebagaimana diatur di dalan peraturan pengadaan barang dan jasa.

“Yang harus diperhatikan, kegiatan yang telah disusun dimanfaatkan semaksimal mungkin berdasarkan pagu anggaran yang dialokasikan pada masing-masing OPD dengan mengedepankan akuntabilitas dan transparan,” katanya.

Sementara lanjut Benhur, OPD yang berhubungan dengan pelayanan harus terus meningkatkan mutu pelayanan terhadap seluruh masyarakat di kota Jayapura.

Pada tahun 2022 PAD kota Jayapura ditargetkan sebesar Rp243 miliar lebih. Dengan begitu, wali kota yang kerab disapa BTM ini meminta agar OPD pengelola pendapatan agar tidak hanya fokus pada belanja saja akan tetapi fokus pada target pendapatan.

“Kita harus bergerak cepat untuk mendapatkan pendapatan daerah maka itu OPD pengelola pendapatan supaya mengoptimalkan pencapaian target per triwulannya dengan melakukan upaya-upaya agar target PAD yang telah ditetapkan dapat tercapai,” ujarnya.

Ditambahkan, belanja yang menambah aset pada Pemkot Jayapura dalam DPA OPD harus tercatat secara baik sesuai ketentuan pengelolaan asli daerah.

“Saya juga mengingatkan aset-aset kendaraan pejabat yang lama (purna tugas) saya harapkan bisa dikembalikan dan diserahkan kepada pejabat yang baru,” tandasnya.

Untuk diketahui, total APBD Kota Jayapura TA 2022 sebesar Rp1,3 triliun lebih yang terdistribusi pada 40 OPD, termasuk 25 kelurahan, 16 SMP, 1 TK, 13 Puskesmas, dan satu rumah sakit.

APBD sebesar Rp1,3 triliun tersebut guna membiayai sebanyak 234 program, 532 kegiatan dan 1.279 sub kegiatan yang terdistribusi di setiap OPD maupun instansi lainnya di lingkungan Pemkot Jayapura.

reporter : Adi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.