Serapan Dana Desa Masih 0 Persen, Pemda Mimika Belum Penuhi Persyaratan

Kepala KPPN, Iwan Megawan (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)
Kepala KPPN, Iwan Megawan (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)

TIMIKA | Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Mimika, Iwan Megawan menerangkan serapan anggaran dana desa dua kabupaten yakni Mimika dan Puncak periode Januari – Maret 2022 masih 0 persen.

Kata dia, hingga saat ini data untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sebagai salah satu syarat pencairan dana desa belum masuk ke KPPN Mimika.

Total dana desa untuk Kabupaten Mimika dan Kabupaten Puncak tahun 2022 ini sebesar Rp.312,2 miliar.

“Sampai sekarang ini belum ada realisasi, masih 0 persen. Pihak pemda masih melakukan perekaman jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM),” jelas Iwan Megawan dalam jumpa pers, Kamis (21/04/2022) di Kantor KPPN Timika.

Dijelaskan KPPN sifafnya hanya menunggu pengajuan dari Pemda, sehingga untuk tahap pertama wajib merekam KPM.

“Kebetulan di wilayah kita yang sudah mulai merekam itu kalau tidak salah pemda Puncak, Pemda Mimika sampai sekarang belum,” jelasnya.

Dikatakan, batas perekaman KPM ini adalah tanggal 13 Mei 2022. Sementara batas waktu menyelesaikan persyaratan lainnya dalam pengajuan pencairan dana desa adalah tanggal 23 Juni 2022.

“Jadi kita masih ada waktu yang cukup untuk melakukan perekaman dan memenuhi administrasi yang lain,” ungkapnya.

Iwan menambahkan, realisasi dana desa tahun 2021 sebesar 100 persen.

“Insyaallah tahun ini bisa tersalurkan semua. Memang biasanya lambat diawal, tapi setelah KPM direkam, persyaratan dipenuhi biasanya cepat prosesnya. Kita berharap semakin cepat dana desa direalisasikan semakin cepat masyarakat mendapatkan manfaat,” jelasnya.

reporter : Kristin Rejang
editor : Batt

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.