Serikat Pekerja Rencanakan Demo Tolak UU Cipta Kerja, Kapolres Mimika: Saya Tak Izinkan

Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Gde Era Adhinata.
Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Gde Era Adhinata.

TIMIKA | Kapolres Mimika, Papua, AKBP I Gusti Gde Era Adhinata menegaskan, tidak akan mengizinkan segala bentuk aksi unjuk rasa atau demonstrasi yang dilakukan selama masa pandemi Covid-19.

Hal ini disampaikan Kapolres lantaran adanya surat masuk dari Federasi Serikat Pekerja Provinsi Papua yang meminta izin melakukan aksi demonstrasi damai ke gedung DPRD Mimika, Kamis (8/10).

Rencana aksi damai itu masih berkaitan dengan penolakan atas disahkannya Undang-undang Cipta Kerja baru-baru ini oleh DPR RI.

“Sudah jelas perintah, masa pandemi covid ini saya tidak akan mengizinkan, apalagi demo. Saya tidak akan mengizinkan kegiatan-kegiatan yang menimbulkan keramaian, apalagi masalah demonstrasi,” tegas Kapolres di Timika, Rabu (7/10).

Menyampaikan pendapat dimuka umum dijamin dalam Pasal 28 Undang-undang Dasar (UUD) 1945 yang berbunyi “Kemerdekaan berserikat dan berkumpul, mengeluarkan pikiran dengan lisan dan tulisan dan sebagainya ditetapkan dengan Undang-undang”, serta Undang-undang Republik Indonesia nomor 9 tahun 1998 tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat Dimuka Umum, adalah penjaminan terhadap salah satu hak asasi manusia.

Saat disinggung apakah dengan tidak diberikan izin atas rencana aksi Federasi Serikat Pekerja telah menutup ruang demokrasi, kata dia, langkah tersebut semata-mata untuk melindungi keselamatan masyarakat.

IKLAN-TENGAH-berita

“Tidak peduli saya, daripada keselamatan masyarakat (terancam,red), itu yang paling tinggi bagi saya,” katanya.

Bahkan, terkait rencana aksi demonstrasi itu, kepolisian pun sudah mengingatkan kepada Federasi Serikat Pekerja agar mengurungkan niat tersebut. Jika dipaksakan, akan dilakukan tindakan tegas.

“Kita upayakan penegakkan hukum ya, sudah ada aturannya, terkait dengan undang-undang karantina. Kita sudah ingatkan tidak diizinkan,” tegasnya.

Reporter: Saldi
Editor: Batt

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar