Setelah Lebaran, Tenaga Pendidik di Timika Akan Divaksin

Pemprof Papua Bayarkan Hak Guru Per 2019

TIMIKA | Pemerintah Kabupaten Mimika, Papua melalui Dinas Kesehatan berencana melakukan vaksinasi kepada para tenaga pendidik di daerah itu.

Pemberian Vaksin untuk tenaga pendidik direncanakan usai lebaran tahun 2021.

“Nanti setelah lebaran tenaga pendidik yang akan divaksin,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Reynold Ubra kepada awak media, Selasa (4/5/2021).

Dijelaskan memang sebagian tenaga pendidik di Mimika kemungkinan sudah ada yang divaksin karena adalah PNS.

“Jadi sebenarnya mungkin sekolah sudah sebagian besar di dalam Timika yang divaksin, tapi kan kita juga harus vaksin guru – guru dari zona merah ke hijau,” ucapnya.

Dijelaskan, jumlah target Vaksinasi di Mimika untuk Tenaga Kesehatan (Nakes), Lansia, dan Pelayan Publik sekitar 39 ribu orang. Khusus untuk pelayan publik sendiri jumlahnya sekitar 17 hingga 18 ribu orang.

“Nah sekarang ini pelayan publik yang kita suntik itu sekitar 11 ribu dosis pertama. Jadi masih kurang 8000 orang,” ujarnya.

Dijelaskan hingga kemarin sore hampir 22 ribu orang secara umum yang sudah disuntik vaksin dosis pertama dan kedua.

Sementara untuk stok vaksin pihak dinas Kesehatan bergantung pada Kementerian dan Provinsi.

“Rata – rata kemampuan kami menyuntik itu 2000 perhari tapi kalau vaksin terbatas yah kami ikuti ketersediaan vaksin yang dikirim oleh Kemenkes melalui Provinsi,” ungkapnya.

Saat ini, pihak Dinkes sedang berdiskusi menjelang PON.

“Saya sampaikan ini dalam RDP dengan Pansus beberapa waktu lalu, kalau boleh empat kluster penyelenggaraan PON ini vaksinnya diberikan sesuai karena kita harus menjalankan instruksi presiden yaitu memberikan vaksinasi kepada penduduk di sekitar venue maupun tempat akomodasi atlit,” tuturnya.

reporter : Kristin Rejang
editor : Batt

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.