Setelah Yalimo, Virus Corona Kembali Menginfeksi Warga Puncak Jaya

Ilustrasi
Ilustrasi

TIMIKA | Satgas Pengendalian Infeksi Covid-19 Provinsi Papua, Senin (22/6), mengumumkan Kabupaten Puncak Jaya menjadi wilayah sebaran baru virus corona.

Satu pasien terinfeksi virus corona baru atau Covid-19 di Puncak Jaya, dilaporkan setelah dua kasus juga ditemukan di Kabupaten Yalimo pada Sabtu (20/6) lalu.

“Hari ini kita prihatin dengan tambahan satu kasus di Puncak Jaya. Saya tadi telah berkomunikasi dengan teman sejawat di sana,” kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Papua dr. Silwanus Sumule, Senin.

dr. Sumule mengatakan, pasien tersebut kini tengah dirawat di ruang isolasi RSUD Mulia, ibu kota Kabupaten Puncak Jaya. Pasien dalam kondisi stabil, berkisar antara sakit ringan hingga sedang.

“Kami terus berkomunikasi dengan mereka, sampai saat ini belum ada indikasi harus dirujuk karena kondisinya masih tetap stabil,” katanya.

Ia memastikan, pasien yang merupakan masyarakat lokal di Puncak Jaya itu akan terus dipantau, serta memberi dukungan seperti obat-obatan dan alat pelindung diri (APD) kepada petugas kesehatan di sana.

“Kami juga akan mensupport alat rapid test, karena kami telah meminta Dinas Kesehatan Puncak Jaya untuk melakukan tracing contact. Jika ada yang reaktif rapid test, segera lapor kepada kami,” kata dia.

Sumule belum bisa memastikan dimana pasien yang merupakan masyarakat sipil tersebut terpapar virus corona.

“Yang pasti, kami siap bahkan dengan armada pesawat untuk segera membantu teman-teman yang berada di Puncak Jaya, agar mereka dapat memberikan pelayanan secara maksimal,” katanya.

Tanggapi Berita ini

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.