Simpatisan Eltinus Omaleng Lakukan Aksi di Kantor Bupati, Ini Tuntutannya

Suasana aksi yang dilakukan simpatisan Eltinus Omaleng di halaman Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika, Selasa (13/9/2022). (Foto: Kristina Rejang/Seputarpapua)
Suasana aksi yang dilakukan simpatisan Eltinus Omaleng di halaman Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika, Selasa (13/9/2022). (Foto: Kristina Rejang/Seputarpapua)

PEMBERITAHUAN: Redaksi Seputarpapua.com telah melakukan koreksi, kemudian menyunting beberapa atau sebagian narasi yang dianggap sensitif dan membutuhkan konfirmasi lebih lanjut.

TIMIKA | Para simpatisan pendukung Bupati Kabupaten Mimika, Eltinus Omaleng, melakukan aksi di Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika, Selasa (13/9/2022).

Para simpatisan yang terdiri dari puluhan orang itu, mendatangi Kantor Pusat Pemerintahan dan diterima oleh Asisten II Setda Mimika, Willem Naa.

Menurut para pendemo diwakili Yanus Omaleng selaku koordinator aksi, Eltinus Omaleng masih menjabat sebagai Bupati yang sah dan hingga kini masih memegang tongkat kendali pemerintahan di Kabupaten Mimika.

Karena itu, mereka harap jangan ada pihak tertentu yang memantik konflik dan mengorbankan masyarakat yang tidak bersalah.

“Mimika adalah daerah Amungsa bumi Kamoro. Daerah Amungsa bumi Kamoro ini milik Amungme dan Kamoro. Amungme Kamoro akan lahir di tempat ini, besar di tempat ini, berkarya di tempat ini. Eltinus Omaleng anak Amungme dan Kamoro, barometer generasi muda Amungme dan Kamoro,” pungkasnya.

Aksi yang berlangsung tidak lama ini dikawal ketat pihak Kepolisian yang dipimpin Kapolsek Kuala Kencana, Iptu Y. Sera Ayatanoi.

Kapolsek menjelaskan anggota Kepolisian yang dikerahkan mengamankan aksi ini berjumlah 150 personel.

Namun, untuk penjagaan di Kantor Pusat Pemerintahan pasca Eltinus Omaleng ditetapkan menjadi tersangka dan ditahan oleh KPK, Kepolisian sudah mengerahkan penjagaan disejumlah titik.

“Ada 20 personil yang menjaga di Kantor Pusat Pemerintahan, ada juga yang jaga di rumah negara, juga di kediaman bupati,” pungkasnya.

 

Tanggapi Berita ini
reporter : Kristin Rejang
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.