Sistem ‘Tempel’ Sulitkan Polisi Ungkap Bandar Narkoba Kelas Kakap di Mimika

Kasatreskoba Polres Mimika, AKP Mansur. (Foto: Saldi/SP(
Kasatreskoba Polres Mimika, AKP Mansur. (Foto: Saldi/SP)

TIMIKA | Satuan Reserse Narkoba (Satreskoba) Polres Mimika, Papua, terus melakukan pendalaman dari para tersangka kasus narkoba guna mengungkap oknum bandar yang terlibat dalam peredaran narkotika.

Kasatreskoba Polres Mimika, AKP Mansur mengatakan, dari 11 tersangka yang pengungkapan dilakukan sejak awal Januari 2021 hingga kini, saat ini masih dalam proses penyidikan dan penyelidikan untuk mengungkap jaringan besar mereka.

Dari 7 pengungkapan dengan total 11 tersangka, sampai kini berkas acara pemeriksaan (BAP) belum dilimpahkan ke jaksa untuk diperiksa.

Namun sampel barang bukti yang telah di kirim ke laboratorium untuk diperiksa, beberapa dari hasil penangkapan awal dinyatakan positif mengandung zat dalam narkotika golongan I.

“Yang pertama sudah positif, sama penangkapan yang di kompleks Wowor, itu juga sudah. Hasilnya positif mengandung narkotika golongan I,” kata AKP Mansur di Timika, Rabu (27/1/2021).

Dari hasil pemeriksaan laboratorium, akan dilampirkan dalam BAP para tersangka, begitu juga keterangan dari saksi ahli akan diambil penyidik untuk melengkapi berkas.

IKLAN-TENGAH-berita

“Dari 11 tersangka belum berkasnya, tapi dalam waktu dekat ini. Kalau ahlinya kan, kita harus BAP ahlinya lagi,” ujarnya.

Kesulitan petugas mengungkap bandar besar lantaran para pelaku atau tersangka rata-rata menggunakan sistem ‘tempel’.

Dengan sistem peredaran seperti itu, jejak bandar terputus sampai disitu saja.

Itulah kendala atau kesulitan yang dihadapi petugas selama ini untuk mengungkap bandar narkoba kelas kakap di Mimika.

“Sistem tempel. Jadi memang terputus sampai di dia (tersangka),” katanya.

“Sebenarnya kita masih kembangkan semua ini. Sebenarnya sumbernya dari mana, siapa bandarnya. Itukan kita masih kembangkan kesana. Jadi kita masih dalam proses pengembangan itu,” imbuhnya.

 

Reporter: Saldi
Editor: Aditra

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar