Soal Pembangunan, Bupati Mimika: Tidak Mampu Kalau Hanya Harap Satu Provinsi

Bupati Mimika Eltinus Omaleng
Bupati Mimika Eltinus Omaleng

TIMIKA | Bupati Mimika, Papua Eltinus Omaleng menggelar deklarasi mendukung Daerah Otonomi Baru (DOB) yakni pemekaran Provinsi Papua Tengah, dan mendukung kebijakan Otonomi Khusus (Otsus) jilid II.

Dalam deklarasi di halaman Gereja Kingmi Marthen Luter Mile 32, Rabu (15/6/2022), Bupati Eltinus mengatakan, setiap orang mempunyai hak untuk menyuarakan dan mendukung terkait DOB.

“Kemudian kalau kita bicara penolakan Otsus dan pemekaran provinsi Papua jangan sebut-sebut Papua. Bukan semua Papua menolak,” kata Bupati.

Dikatakan, banyak orang juga mendukung agar pembangunan di Papua bisa merata.

“Ini menyangkut bagaimana anak-anak Papua bisa menentukan nasib sendiri yaitu SDM, pembangunan melalui pemekaran. Kalau kita hanya harap satu provinsi bagaimana kita mau pembangunan. Tidak mampu,” ujarnya.

Untuk itu, ia berharap semua wajib dukung pemekaran.

“Kami ingin juga ada pemekaran kabupaten-kabupaten agar pembangunan lebih dekat. Di wilayah kita ini satu-satunya kita hanya pakai pesawat kecil atau helicopter sehingga harus benar-benar mendukung. Sehingga kita bisa melihat masyarakat Papua sejahtera. Jangan sampai orang Papua bilang belum sejahtera tapi itu hanya lihat di satu Provinsi saja,” ungkapnya.

Menurutnya, menerima Otsus dan DOB untuk menentukan masa depan Papua.

“Setelah ini kita langsung buat tim, provinsi juga mendukung. Jadi saya serahkan ini deklarasi yang ditandatangani kepada Ketua DPRD semua berharap untuk antar ini. Serahkan ke komisi 2 DPR RI,” jelasnya.
Bupati Mimika juga secara terang-terangan menyatakan dirinya siap untuk maju dalam perhelatan Pemilihan Gubernur Papua Tengah 2024 mendatang.

“Meskipun belum tahapan, ini bukan berkampanye, namun menurut saya jemput bola lebih baik,” serunya.

Ia juga mengklaim dirinya telah mendapatkan dukungan dari Gubernur Papua, Lukas Enembe.

Menurut dia, siapa saja memiliki hak politik yang sama sehingga jika ada yang ingin maju, semua memiliki kesempatan.

“Yang pertama kali ucapan selamat disampaikan oleh gubernur Papua Lukas Enembe kepada saya. Kami mau rebut kursi nomor satu, jadi saya mau mencalonkan diri, kalau ada bupati-bupati yang mau mencalonkam diri juga silahkan go head no problem,” ungkapnya.

 

reporter : Kristin Rejang

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.