Speedboat Berpenumpang 7 Orang Ditemukan Terdampar Disekitar Pulau Puriri

EVAKUASI | Tim SAR gabungan melakukan evakuasi speedboat berpenumpang tujuh orang yang sempat dilaporkan hilang kontak dalam perjalanan dari Asmat menuju Mimika, Papua. (Foto: Humas SAR)
EVAKUASI | Tim SAR gabungan melakukan evakuasi speedboat berpenumpang tujuh orang yang sempat dilaporkan hilang kontak dalam perjalanan dari Asmat menuju Mimika, Papua. (Foto: Humas SAR)

TIMIKA | Speedboat Berpenumpang tujuh orang yang sebelumnya dilaporkan hilang kontak dalam perjalanan dari Asmat menuju Mimika, Papua, ditemukan dalam kondisi selamat, Kamis (30/12/2021).

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika, George L.M Randang membenarkan bahwa para korban yang sempat dilaporkan hilang kontak dalam perjalanan menggunakan Speedboat dari Asmat menuju Mimika, berhasil ditemukan dan dievakuasi ke Mimika siang tadi.

“Tim SAR sudah berhasil menemukan ketujuh korban, dan sudah tiba dengan selamat,” kata George saat dihubungi Seputarpapua.com di Timika, Kamis.

Tim SAR gabungan sebelumnya dibagi menjadi dua rute pencarian, ada yang menyisir melewati tepian sungai, ada juga menyisir melewati perairan laut.

Para korban sendiri ditemukan oleh tim yang melakukan penyisiran di area tepian perairan.

“Ini tim SAR belum kembali semua. Tim yang melewati laut bagian tengah belum kembali, tapi tim yang lewat tepian dan yang menemukan ini sudah tiba sama-sama para korban,” jelasnya.

Dari informasi yang peroleh tim SAR bahwa, Speedboat tersebut dalam perjalanan menuju Mimika, dihantam gelombang disekitar Pulau Puriri. Kemudian pengemudi Speedboat mengambil jalur lain untuk menghindari hantaman gelombang.

“Mereka menghindar ke jalur tepian, baru kena ret. Akhirnya terdampar di daerah ret, disekitar daerah Puriri,” ungkapnya.

Sebelumnya, peristiwa hilang kontak speedboat berpenumpang tujuh orang ini dilaporkan oleh salah satu keluarga korban. Speedboat yang bertolak dari Asmat pada 28 Desember 2021, hingga 30 Desember 2021 pagi belum tiba di tujuan.

Operasi SAR kemudian dibuka dan tim SAR gabungan dikerahkan untuk melakukan pencarian dengan membagi dua rute pencarian. Akhirnya korban berhasil ditemukan dan dievakuasi.

reporter : Saldi
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.