SPMP Minta Pemkab Mimika Bangun BLK dan Lembaga Sertifikasi Daerah

Ketua SPMP, Virgo Solosa. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)

TIMIKA, Seputarpapua.com | Ketua Serikat Pekerja Mandiri Papua (SPMP), Virgo Henry Solosa meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika, Provinsi Papua Tengahmembangun Balai Latihan Kerja (BLK) dan Lembaga Sertifikasi Daerah.

Virgo mengungkapkan, pembangunan BLK ini sudah disampaikan ke Pemkab Mimika, namun sampai saat ini belum ada langkah pembangunan BLK di Mimika.

Dengan BLK, anak-anak di Mimika setelah lulus dari sekolah bisa langsung masuk untuk mengikuti pelatihan. Dari situ, anak-anak sudah pasti memiliki skil dan kemampuan untuk melamar pekerjaan dan juga bisa bersaing di dunia kerja.

“Kalau mereka (pencari kerja) bisa masuk ke BLK lalu mempunyai sertifikat dari lembaga sertifikasi itu lebih mudah lagi untuk mereka. Terus bisa menambah PAD juga untuk pemerintah daerah,” katanya di Timika, Selasa (9/7/2024).

Virgo lebih lanjut mengatakan, Lembaga Sertifikasi Daerah juga diperlukan di daerah. Karena secara nasional ada lembaga sertifikasi, sehingga bila lembaga itu ada di daerah bisa lebih memberi kemudahan kepada Pemkab Mimika juga untuk menyalurkan tenaga kerja.

Menurutnya, dua hal ini bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah pengangguran di Kabupaten Mimika. “Karena dengan ini pemerintah lebih mudah memasarkan tenaga kerja, tidak hanya ke Freeport tapi juga ke perusahaan besar lainnya,” katanya.

penulis : Anya Fatma
editor : Iba

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan