Stadion Sepakbola Bertaraf Internasional akan Dibangun di Mimika

BUKU | Buku perencanaan pembangunan stadion sepakbola Mimika. (Foto: Mujiono/Seputarpapua)
BUKU | Buku perencanaan pembangunan stadion sepakbola Mimika. (Foto: Mujiono/Seputarpapua)

TIMIKA | Pemerintah Kabupaten Mimika, Papua, akan membangun stadion sepakbola bertaraf internasional atau sesuai standar FIFA.

Pembangunan stadion tersebut dimulai pada 2022 nanti.

Bupati Mimika Eltinus Omaleng mengatakan, terkait rencana pembangunan stadion sepakbola, maka pihaknya melakukan pertemuan dengan PT Freeport Indonesia.

Stadion tersebut nantinya berlokasi di wilayah SP 5, dan jangka waktu pembangunan selama dua tahun.

“Tadi dari tim teknis sudah melakukan pemaparan secara detail mengenai perencanaan pembangunan stadion sepakbola,” kata Bupati di Grand Mozza Hotel Timika, Senin (2/8/2021).

Stadion sepakbola yang akan dibangun diperkirakan menelan anggaran Rp1,8 triliun dan nanti lebih megah dari yang ada di Jayapura.

Menurut Bupati, untuk anggaran pembangunan stadion tersebut akan diambil dari 2,5 persen deviden saham PT Freeport Indonesia.

“Dari 2,5 persen itu kami akan atur dalam 5 tahun. Nanti tim teknis yang akan mengatur untuk besarannya, tahun pertama berapa, tahun kedua berapa, dan seterusnya,” ujar Bupati.

Untuk itu, menurut Bupati, dalam pertemuan dihadiri perwakilan Govrel PTFI. Dengan tujuan, setelah pertemuan akan didiskusikan secara internal kepada pimpinan PT Freeport Indonesia untuk dibahas.

“Jadi untuk anggaran bukan kami pinjam kemana-mana, tapi mencairkan anggaran sendiri atau hak dari kita,” kata Bupati.

“Anggaran itu kan biasanya habis tahun baru didapatkan. Nah ini yang kami ambil duluan, agar stadion ini bisa segera dibangun,” tambah Bupati.

Bupati menambahkan, untuk lahan pembangunan stadion sudah siap bahkan sudah dilakukan penimbunan.

“Yang jelas, stadion sepakbola ini kelasnya internasional berstandar FIFA. Karenanya akan ada fasilitas lainnya,” tutur Bupati.

Sementara Perwakilan Govrel PTFI Okky Okyana mengatakan, dalam pertemuan itu pihaknya mendengarkan presentase dari rencana pembangunan stadion sepakbola.

“Ini baru pertemuan pertama. Hasil dari pertemuan ini akan disampaikan ke pimpinan untuk ditindaklanjuti,” kata Okky.

Tanggapi Berita ini
reporter : Mujiono
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.