Stadion Utama Lukas Enembe akan Dibangun Patung Olahragawan Berprestasi

Tangkapan gambar simulasi pembangunan patung di depan stadion Lukas Enembe di Jayapura, (Foto: Vidi/Seputarpapua)
Tangkapan gambar simulasi pembangunan patung di depan stadion Lukas Enembe di Jayapura, (Foto: Vidi/Seputarpapua)

JAYAPURA | Jalur masuk stadion utama Lukas Enembe akan dibangunkan patung olahragawan yang mempunyai prestasi gemilang serta mengharumkan nama tanah Papua dan Indonesia.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) Provinsi Papua Alexander Kapisa menyebutkan pembangunan patung bukan hanya diperuntukan bagi pahlawan olahragawan, namun akan dibangunkan patung Gubernur Papua Lukas Enembe sebagai kepala daerah yang telah membawa Provinsi Papua menjadi tuan rumah PON XX dan Peparnas XVI tahun 2021.

“Jalur utama ini, kita akan buat beberapa patung untuk olahragawan yang memberikan kontribusi bagi Papua dan Indonesia diberbagai event Nasional hingga Internasional,” kata Alexander Kapisa kepada pers di Kota Jayapura, Selasa (26/4/2022).

Alasan dibangunnya patung olahragawan agar memberikan motivasi dan semangat bagi calon-calon atlet Papua kedepannya untuk berprestasi.

“Patung ini sebagai motivator untuk adik-adik kita, jadi kalau berjaya kita bisa taruh patung mereka disana. Tapi yang pertama patung besarnya pak Lukas Enembe, beliau sudah setuju dan saya lagi desain patungnya di Jogjakarta, dalam waktu dekat kita akan pasang,” ujarnya.

Meski demikian, lanjut Alex bahwa dibangunnya patung akan berdasarkan pilihan dari masyarakat.

“Nanti ada kategorinya, tapi kita sebar dulu ke masyarakat berupa kuisioner. Nah dari nama-nama ini siapa yang layak, baru kita buatkan patung di situ. Patung ini inspirasi, sekaligus juga sisi lainnya menjadi objek wisata juga, kalau kita sudah buka untuk umum nanti,” tuturnya.

Pembangunan patung sangat didukung oleh Wakil Ketua Komisi V DPR Papua Jack Kamasan Komboy. Dia mengaku pembangunan patung itu sangat tepat karena terbukti Papua mampu menggelar multi event PON XX dan Peparnas XVI tahun 2021 lalu.
Apalagi dengan digaungkan Papua sebagai Provinsi Olahraga.

“Saya kira itu hal yang luar biasa karena keinginan Pak Gubernur menetapkan Papua selaku provinsi olahraga. Untuk saya admerupakan satu moment karena kemarin kita baru sukses PON XX dan Peparnas XVI, oleh sebab itu hari ini gongnya telah dibunyikan provinsi Papua sebagai provinsi olahraga,” ungkapnya.

Pembangunan patung Gubernur Papua Lukas Enembe dan beberapa olahragawan itu diharapkan mendapatkan dukungan dari pelaku olahraga lainnya dan masyarakat Papua.

“Berarti hari ini harus mengajak semua komponen, semua stakeholder yang ada di tanah Papua untuk sama-sama duduk berdiskusi bersama untuk jadikan Papua sebagai Provinsi Olahraga. Dan dibangunnya patung untuk motivasi atlet-atlet kita kedepan,” tandasnya.

 

reporter : Vidi
editor : Mish

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.