Strategi Dinkes Mimika Gelar Program BIAS Ditengah Pandemi Covid-19

IMUNISASI | Pemberian imunisasi kepada anak usia sekolah yang dilakukan oleh petugas kesehatan. (Foto: Ist/SP)
IMUNISASI | Pemberian imunisasi kepada anak usia sekolah yang dilakukan oleh petugas kesehatan. (Foto: Ist/SP)

TIMIKA | Untuk meningkatkan kekebalan tubuh pada anak usia sekolah, khususnya Murid SD kelas I, II dan V, Dinas Kesehatan (Dinkes) Mimika dan jajaran Puskesmas menggelar program Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS).

BIAS merupakan program pemberian imunisasi oleh setiap Puskesmas di sekolah-sekolah, khususnya kepada murid kelas I, II, dan V.

“Ini merupakan program rutin yang dilakukan setiap tahunnya, dengan sasaran siswa SD kelas I, II, dan V,” kata Kepala Dinkes Mimika Reynold Ubra melalui Kepala Seksi Imunisasi Nelsi Bungan Allo saat dihubungi melalui telepon selulernya, Senin (14/9).

Kata dia, untuk pelaksanaan BIAS dilakukan langsung oleh Puskesmas dan Posyandu. Dimana tahun 2020 dan di masa Pandemi Covid-19 ini, beberapa Puskesmas sudah menjalankannya sejak Agustus lalu khususnya yang berada di wilayah atau zona hijau.

Sementara untuk Puskesmas di wilayah zona merah, baru September ini mulai melakukan kegiatan tersebut.

“Karena sasaran pemberian imunisasi ini cukup banyak, maka kemungkinan akan dilakukan sampai November nanti. Mudah-mudahan dan kami berharap semua anak SD kelas I, II, dan V bisa mendapatkan imunisasi tersebut,” katanya.

IKLAN-TENGAH-berita

Pelaksanaan program BIAS di tahun ini ada sedikit perbedaan dengan sebelumnya, karena saa ini berada ditengah Pandemi Covid-19. Sehingga harus menerapkan protokol kesehatan, sebagaimana yang diarahkan oleh pemerintah.

“Di masa Pandemi tetap memperhatikan protokol Kesehatan, khususnya memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan atau 3M,” ujarnya.

Prev1 of 3

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar