Suasana Haru Iringi Perpisahan Letda Jeanne Purna Tugas di Lanal Timika

Danlanal Timika, Letkol Laut (P) Apriles Lusien Sukirno, M.Han., M.Tr.Opsla menyerahkan plakat penghargaan kepada Letda Laut (KH/W) Jeanne J. W. Maro yang purna tugas. (Foto: Saldi/Seputarpapua)
Danlanal Timika, Letkol Laut (P) Apriles Lusien Sukirno, M.Han., M.Tr.Opsla menyerahkan plakat penghargaan kepada Letda Laut (KH/W) Jeanne J. W. Maro yang purna tugas. (Foto: Saldi/Seputarpapua)

TIMIKA | Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Timika melakukan upacara pelepasan terhadap Letda Laut (KH/W) Jeanne J. W. Maro yang purna tugas sebagai prajurit TNI-AL, Senin (1/8/2022).

Upacara pelepasan purna tugas dipimpin langsung Komandan Lanal (Danlanal) Timika, Letkol Laut (P) Apriles Lusien Sukirno, M.Han., M.Tr.Opsla bertempat di Aula Kantor Perwakilan Lanal Timika, Kabupaten Mimika, Papua Tengah.

Dalam amanatnya, Danlanal menyampaikan ucapan terimakasih atas dedikasi yang selama ini telah dilakukan Letda Jeanne sebagai prajurit TNI-AL di Lanal Timika.

Riwayat jabatan Letda Laut (KH/W) Jeanne J. W. Maro antara lain, pada tahun 1990-1994 menjabat sebagai Srena Mako Kormar, 1994-2000 sebagai Kaur Minpersmil Disminpers Lantamal V, dan 2000-2004 sebagai Kasat Lanal Timika.

Selanjutnya pada tahun 2004-2010, menjabat sebagai Kasat Dispotmar Lantamal X, dan jabatan terakhir dari 2010-2022 di Bagian Urusan BMN Barang Bergerak Sminloy Lanal Timika BKO Anggota Spatmar.

Purna tugas, kata Danlanal, bukan merupakan akhir dari perpisahan, melainkan awal dari persaudaraan yang baru antara prajurit yang masih aktif dengan purnawirawan, guna menjalin hubungan baik dengan dinas atau dengan prajurit yang masih aktif guna mempererat tali silaturahmi maupun berbagi pengalaman kepada prajurit muda.

“Jaga nama baik TNI AL ditengah-tengah masyarakat. Saya berpesan, setelah saudari kembali ke masyarakat, segera bergabung di PEPABRI dan PPAL di daerah saudari, sebagai ajang silaturahmi dan berkarya sesama purnawirawan TNI AL,” pesan Danlanal.

Menurut Danlanal, pelepasan purna tugas ini merupakan peristiwa penting dalam kehidupan pribadi seorang prajurit. Yangmana melambangkan saat-saat berakhirnya masa pengabdian seorang prajurit kepada Bangsa dan Negara di satuan TNI AL.

Usai upacara, kegiatan dilanjutkan dengan ramah tamah serta suguhan pelepasan berupa penampilan yospan, peragaan morse, hingga seni bela diri dari anggota Saka Bahari Lanal Timika.

Suasana haru menyelimuti proses ini, tampak air mata tidak terbendung melepas Letda Jeanne yang telah purna tugas.

Danlanal juga menyampaikan, tradisi baik seperti ini akan terus dilakukan Lanal Timika, dan tidak hanya pada prajurit yang purna tugas, melainkan perwira atau prajurit yang mutasi prosesi ini akan dilaksanakan.

“Kita akan melaksanakan tradisi-tradisi yang kita anggap baik, selain yang sudah terstruktur yaitu tata upacara yang kita laksanakan,” katanya.

Letda Jeanne bersama keluarga kemudian diantar oleh Danlanal bersama istri dan seluruh jajaran Lanal Timika meninggalkan Kantor Perwakilan Lanal Timika.

 

reporter : Saldi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.