Subsidi Tepat My Pertamina Segera Berlaku di Timika, Pembayaran Tetap Tunai

Seorang warga melakukan pendaftaran Subsidi Tepat My Pertamina di loket pendaftaran offline berlokasi di Terminal Pasar Sentral Timika, Jumat (22/7/2022). (Foto: Yonri/Seputarpapua)
Seorang warga melakukan pendaftaran Subsidi Tepat My Pertamina di loket pendaftaran offline berlokasi di Terminal Pasar Sentral Timika, Jumat (22/7/2022). (Foto: Yonri/Seputarpapua)

TIMIKA | PT Pertamina Patra Niaga akan mulai menerapkan pembelian bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi tepat sasaran di Timika, Papua Tengah pada akhir Bulan Juli 2022.

Area Manager Communication, Relations & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Papua-Maluku, Edi Mangun menerangkan program ini ditujukan agar BBM bersubsidi ini tepat sasaran.

Program My Pertamina yang saat ini dijalankan baru memasuki tahap pendataan dan pendaftaran yang lebih diutamakan pada pemilik kendaraan roda empat dan di atasnya.

“Tujuannya adalah mendata semua pemilik kendaraan agar mendapatkan barcode yang nantinya dipakai dalam pembelian BBM bersubsidi,” kata Edi saat ditemui di Pasar Sentral Timika, Jumat (22/7/2022).

Saat mendaftar di situs subsiditepat.mypertamina.id pelanggan akan memberikan data Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) serta Kartu Tanda Penduduk.

Melalui tahap ini, pelanggan akan mendapat penilaian oleh tim verifikator di Jakarta terkait haknya mendapatkan BBM bersubsidi. Bila layak, pelanggan akan mendapatkan barcode yang dapat dipakai saat pembelian BBM di SPBU.

Terkait pembayaran, ditegaskan Edi, tetap sama seperti sedia kala.

“Tidak berubah. Tetap bayar tunai,” tegasnya.

Terkait kekhawatiran warga perihal penerapan ini dapat menambah kemacetan, Edi membantah hal ini.

Menurutnya, justeru penerapan Subsidi Tepat My Pertamina ini akan mengurangi kemacetan. Sebab pembelian akan sesuai prosedur dan sasaran.

Juga dengan kebijakan ini, stok BBM di SPBU akan terus tersedia, sebab hanya pelanggan yang berhak subsidi yang dapat melakukan pembelian sesuai kebutuhannya.

“Inilah tujuan subsidi tepat. Sehingga BBM subsidi ini memang menyasar bagi warga yang benar-benar membutuhkannya,” pungkasnya.

Saat ini Pertamina masih membuka loket pendaftaran My Pertamina offline di Terminal Pasar Sentral. Selanjutnya, loket pendaftaran ini juga akn disebar di sejumlah SPBU di Timika.

reporter : Yonri
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.