seputarpapua.com

Tahun Depan, Pelaksanaan Uji KIR di Mimika Sudah Online

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
KALIBRASI | Kalibrasi alat pengujian kendaraan bermotor oleh Ditjen Perhubungan Darat di Mimika. (Foto: Ist/SP)
KALIBRASI | Kalibrasi alat pengujian kendaraan bermotor oleh Ditjen Perhubungan Darat di Mimika. (Foto: Ist/SP)

TIMIKA | Pelaksanaan Uji KIR bagi kendaraan bermotor di Kabupaten Mimika, Papua mulai tahun 2021 sudah dilaksanakan secara online.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Mimika, Jania Basir melalui Kepala Seksi Sarana Prasarana dan Standarisasi, Dev Richard Tatiratu mengatakan pengujian kendaraan bermotor (Uji KIR) di Kabupaten Mimika saat ini masih tipe C.

Untuk menaikkan ke tipe B sesuai dengan yang diharapkan oleh Bupati dan Wakil Bupati Mimika, pekan lalu telah dilaksanakan kalibrasi oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan.

“Kalibrasi ini artinya menyetel ulang kembali alat-alat ke posisi awal atau standar,” katanya kepada Seputar Papua, Selasa (15/12).

Program ini kata Dev sudah dicanangkan sebelumnya oleh Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob ketika masih menjabat Kepala Dinas Perhubungan sebagai salah satu langkah menuju Mimika Smart City.

Setelah dilakukan kalibrasi, maka Dishub bisa mengajukan untuk akreditasi ke tipe B setelah itu bisa mendapatkan SIM PKB yang mana semua pelaksanaan pengujian bisa dilakukan secara online.

“Tidak ada lagi kendaraan yang datang melakukan uji KIR disini disemprot pinggirnya, itu tidak ada lagi. Semua akan diberikan kartu cif yang nanti ditempel di kaca mobil mereka,” katanya.

Dengan begitu, Dev mengatakan akan mempermudah proses pengujian bagi kendaraan dan juga terintegrasi langsung ke Kementerian Perhubungan.

Berita Terkait
Baca Juga